Sukses

Jokowi Bangun Terowongan Multiguna Tanpa Cangkul

Untuk membangunnya, Jokowi akan menggunakan teknologi canggih.

Dengan adanya 13 sungai yang melintasi Jakarta, terowongan multiguna (deep tunnel) dirasa Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, sangat diperlukan untuk mengatasi banjir, macet, hingga sebagai tempat pipa gas, kabel telepon, dan pembuangan limbah. Untuk membangunnya, pria yang akrab disapa Jokowi itu akan menggunakan teknologi canggih.

"Ini tidak digali pakai cangkul, (tapi) pakai mesin khusus dikeruk terus tanahnya dibawa ke atas," ungkap Jokowi di Balaikota, Jakarta, Kamis (3/1/2014).

Menurutnya, banyak yang meragukan pembangunan terowongan multiguna itu akan berjalan cepat dan akan memiliki dampak lingkungan yang buruk. Jokowi pun meminta agar pembangunan terowongan itu tidak dibayangkan menggunakan teknologi yang uzur.

"Jadi jangan dibayangin dicangkul terus dicor pakai ember gitu. Soal ada yang takut tanahnya lembek terus miring, itu berkaitan dengan urusan teknologi, bukan saya. Saya juga belum pernah gali," ujar Jokowi.

Ia menyatakan, pembangunan terowongan itu juga harus melewati proses yang panjang dalam mewujudkannya. Saat ini, masih dalam proses mendapatkan payung sambil menunggu investor datang.

"Deep tunnel juga membutuhkan dana yang besar untuk pembangunannya. Nantinya persentase APBD ke investor kita kalkulasi nanti kita hitung soal visibility-nya nanti tiap investor kan pegang sendiri-sendiri dan proses hukumnya dulu," imbuh Jokowi.(Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.