Sukses

VIDEO: Banjir Bandang di Situbondo Rendam Ratusan Hektare Sawah

Terjangan banjir bandang menyebabkan tanggul sungai di Situbondo, Jawa Timur, jebol dan mengakibatkan air meluap hingga ke pemukiman warga.

Cuaca ekstrim terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Situbondo. Terjangan banjir bandang pun menyebabkan tanggul sungai di Situbondo, Jawa Timur, jebol dan mengakibatkan air meluap hingga ke pemukiman warga. Akibatnya, air merendam puluhan rumah warga dan merusak ratusan hektare areal persawahan.

Akibat jebolnya tanggul Sungai Plalangan, puluhan rumah tergenang air hingga setinggi 1 meter. Ratusan hektare lahan pertanian juga terendam banjir. Menurut warga, banjir datang sangat cepat dan langsung menjebolkan tanggul Sungai Plalangan sepanjang 150 meter.

Banjir yang membawa material dari Pegunungan Bungatan juga menutup areal pertanian hingga menutupi tanaman. Tak ada korban jiwa namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Untuk itu kebutuhan logistik dapur umum juga langsung disuplai. Bahkan, satuan pelaksana penanggulangan bencana (Satlak PB) Situbondo juga langsung mengirim beras sebanyak 5 kuintal, 40 kilogram telur, 20 karton mie instan, serta lauk pauk maupun kebutuhan dapur lainnya.(Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.