Sukses

Gerindra Dukung Rizal Mallarangeng Bongkar Hambalang

Politisi Partai Golkar Rizal Mallarangeng bertekad akan membongkar kasus korupsi proyek Hambalang yang menjerat sang kakak Andi Alfian Mallarangeng dan adiknya Andi Zulkarnain Mallarangeng.

Politisi Partai Golkar Rizal Mallarangeng bertekad akan membongkar kasus korupsi proyek Hambalang yang menjerat sang kakak Andi Alfian Mallarangeng dan adiknya Andi Zulkarnain Mallarangeng. Tekad Rizal pun mendapat dukungan dari anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Marthin Hutabarat.

"Kita mendukung Rizal Mallarangeng membongkar kekuatan besar di balik kasus Hambalang, termasuk nama-nama besar yang selalu disebut-disebutnya. Kasus Hambalang yang diungkapkan Rizal menarik diikuti. Sinyalemen Rizal bahwa ada kekuatan besar yang membuat Menkeu dan Wakil Menkeu sampai tunduk menyetujui proyek ini meskipun banyak kejanggalannya, perlu ditelusuri oleh KPK dan BPK," ujar anggota Komisi III DPR RI ini melalui pesan singkatnya kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (3/1/2013).

Menurut Marthin, Menkeu Agus Martowardojo memiliki rekam jejak yang tegas dan bersih. Tidak mudah menekannya untuk menyetujui sesuatu proyek yang tidak jelas perinciannya. Karena itu banyak orang tidak menyukai sikap Agus yang tegas.

"Namun anehnya, kenapa dalam proyek Hambalang yang banyak kejanggalan ini Menkeu begitu mudah menyetujuinya. Apakah karena Menkeu baru diangkat waktu itu sehingga Dirjennya, yang sekarang jadi Wakil Menkeu mengambil peran lebih besar untuk menyetujuinya? padahal dari penjelasan Rizal Mallarangeng terungkap bahwa proyek yang semula Rp 100 miliar ini tiba-tiba bengkak menjadi Rp 2,5 triliun Begitu juga dengan kontrak tahun jamak, yang disetujui pemerintah meskipun belum disetujui oleh DPR," ungkapnya.

Markup biaya pembangunannya pun, lanjut Marthin, sampai 1.100%. Begitu juga Status tanah Hambalang yang masih atas nama Probosutejo tapi uang sudah digelontorkan berpuluh miliar untuk pembelian tanah tersebut, yang oleh para penggarap diakui uangnya tidak diterima. Studi Amdal pun belum dibuat tapi ijin sudah keluar oleh Bupati dan bangunan yang sudah jadipun akhirnya ada yang longsor karena kondisi tanah yang rapuh karena tidak cocok dibangun.

"Semua kejanggalan-kejanggalan ini perlu segera ditelusuri oleh KPK dan BPK, agar kekuatan besar yang disinyalir oleh Rizal Mallarangeng berada di balik Hambalang ini dapat dibongkar. Rizal berani mengungkap fakta-fakta yang janggal sekitar proyek ini ke publik, tentu sudah atas diskusi dan persetujuan Andi Mallarangeng sebagai mantan Menpora, yang banyak tahu," paparnya.

Fakta-fakta ini, ungkap dia, tentu tidak boleh diabaikan begitu saja oleh KPK maupun BPK, sebab rakyat mengikuti kasus Hambalang ini sejak awal dengan penuh tanda tanya.

"Apakah KPK serius membongkarnya dengan menindaklanjuti laporan Rizal Mallarangeng?" imbuh Marthin. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.