Sukses

Distributor Sepatu Kickers Segera Diperiksa soal Kulit Babi

Pihak kepolisian akan memanggil distributor sepatu merek Kickers terkait laporan konsumen soal penggunaan kulit babi.

Label halal pada sepatu Kickers menuai masalah. Sebabnya, label halal itu dicantumkan di sepatu yang terbuat dari kulit babi. Konsumen yang sudah terlanjur membeli sepatu itu langsung melaporkannya ke polisi.

Pihak kepolisian akan memanggil distributor sepatu merek Kickers terkait laporan konsumen soal penggunaan kulit babi. "Kami merencanakan pemanggilan pekan ini terhadap distributor Kickers untuk diperiksa," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto di Jakarta, Rabu (2/1/2013).

Menurut Rikwanto, setelah meminta keterangan pihak distributor, penyidik akan meminta keterangan saksi ahli dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Yang diperiksa itu distributor yang menyuplai sepatu ke toko tempat pelapor membeli," ujar Rikwanto.

Dia menambahkan, pemeriksaan terhadap pihak distributor bertujuan mengetahui bagaimana label 'halal' dari MUI dan label 'pig skin lining' terpasang pada sepatu yang dijual di pusat perbelanjaan Sogo, Plaza Senayan Jakarta itu. Polisi juga sudah mengambil dua pasang sepatu untuk dijadikan sampel penyelidikan.

Sebelumnya, pada 20 Desember lalu seorang pembeli bernama Winarto melaporkan produsen sepatu merek Kickers kepada pihak kepolisian. Dia merasa dirugikan akibat sepatu yang dibelinya seharga Rp 449.500 itu diduga terbuat dari kulit babi.

Sementara PT Mahkota Petriedo Perkasa, sebagai produsen Kickers di Indonesia menyatakan siap memenuhi panggilan polisi. "Kalau nanti dipanggil polisi, kami akan datang. Kami akan jelaskan semuanya," kata Ikhsan Abdullah selaku kuasa hukum PT Mahkota kepada Liputan6.com, Selasa 25 Desember 2012 lalu.(Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini