Sukses

VIDEO: Liburan Tahun Baru, Gunung Bromo Dibanjiri Pengunjung

Di berbagai daerah, kawasan wisata juga dipadati pengunjung yang memanfaatkan libur tahun baru. Terjadi kemacetan panjang menuju lokasi akibat membludaknya pengunjung.

Di berbagai daerah, kawasan wisata juga dipadati pengunjung yang memanfaatkan libur tahun baru. Terjadi kemacetan panjang menuju lokasi akibat membludaknya pengunjung. Wisata Gunung Bromo, di Probolinggo, Jawa Timur, menjadi salah satu lokasi favorit yang dikunjungi wisatawan dalam memanfaatkan liburan.

Iring-iringan kendaraan menuju lokasi sudah terasa sejak Selasa, (1/1/2013). Tingginya antusiasme pengunjung ini mengakibatkan kemacetan sudah terasa saat menuju lokasi. Kendaraan yang memadati jalan ke lokasi tidak hanya roda empat, tapi juga sepeda motor. Kurang tertibnya pengendara, mengakibatkan kemacetan makin parah.

Apalagi 2 jalur jalan sepanjang kawasan jurang Prahu Desa Wonokerto, menjadi tertutup. Kendaraan sulit bergerak maju dan panjang antrean kendaraan mencapai 12 kilometer. Beberapa pengunjung malah tidak melanjutkan perjalanan akibat kemacetan parah ini.

Polisi dibantu Satpol PP berupaya mengurai kemacetan dan sebagian kendaraan dialihkan ke jalur lain agar kemacetan tidak makin parah. Kemacetan juga dialami pengunjung yang hendak menuju kawasan wisata Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Kendaraan yang hendak menuju kawasan wisata ini berjalan merayap karena padatnya arus lalu lintas. Bahkan polisi terpaksa memberlakukan sistem buka tutup dengan mengalihkan arus kendaraan ke jalur alternatif untuk menghindari tumpukan kendaraan.

Di samping itu, disiapkan kantong-kantong parkir kendaraan di sejumlah titik lokasi objek-objek wisata di Tawangmangu. Selain kedatangan wisatawan, kepadatan kendaraan juga disebabkan arus balik pemudik Tawangmangu yang kembali ke berbagai tujuan setelah memanfaatkan libur akhir tahun di kampung halaman.

Ribuan wisatawan yang hendak menuju Waduk Jatiluhur, Purwakarta, juga harus pasrah menghadapi kepadatan arus lalu lintas. Sebab, kendaraan yang menuju lokasi wisata ini sudah membludak. Baik kendaraan roda empat maupun sepeda motor tidak hanya datang dari daerah sekitar Purwakarta, tapi juga dari daerah lain, termasuk Jakarta dan Bandung. Meski dihadang kemacetan, mereka tetap menikmati hari libur di awal tahun.(Frd)



 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.