Sukses

Polda Metro Rahasiakan Perawatan Sopir BMW Maut Anak Hatta

Polda Metro Jaya menutup rapat identitas dan lokasi perawatan anak Hatta Rajasa.

Polda Metro Jaya masih merahasiakan identitas Rasyid Amirullah Rajasa, pengemudi BMW X5 yang menabrak dan menewaskan dua penumpang Daihatsu Luxio pagi tadi di ruas tol Jagorawi. Polda Metro Jaya juga merahasiakan lokasi perawatan anak Menko Perekonomian Hatta Rajasa itu.

"Kami tidak bisa memberikan informasi secara terbuka, sesuai dengan klausul Pasal 18 UU KIP," kata Kepala Sub Dit Penegakan Hukum Direktorat lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Sudarmanto dalam keterangan pers, Jakarta, Selasa (1/1/2012).

Pasal 18 ayat (1) huruf b Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) menyatakan, tidak termasuk dalam kategori informasi yang dikecualikan adalah informasi berikut:

b. ketetapan, keputusan, peraturan, surat edaran, ataupun bentuk kebijakan lain, baik yang tidak berlaku mengikat maupun mengikat ke dalam ataupun ke luar serta pertimbangan lembaga penegak hukum.

Sudarmanto membantah bahwa pemberian informasi yang terbatas ini terkait keluarga pejabat negara. "Kami tidak membadakan kasus ini dengan yang lain," kata dia.

Lalu mengapa lokasi rumah sakit perawatan pelaku tidak disebutkan? "Kembali ke pasal tadi," jawab Sudarmanto.

Sebelumnya, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Suhardi Alius membenarkan bahwa penabrak merupakan anak Hatta Rajasa. "Betul, dan saat ini ditangan Lantas Metro," kata Suhardi dalam pesan singkat. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini