Sukses

Pengamanan Misa Akhir Tahun di Katedral Tanpa Penjagaan Ketat

Menjelang misa akhir tahun kegiatan di Gereja Katedral, Jakarta nampak seperti biasa. Tidak ada pengamanan ketat oleh aparat kepolisian setempat di lingkungan gereja.

Menjelang misa akhir tahun kegiatan di Gereja Katedral, Jakarta nampak seperti biasa. Tidak ada pengamanan ketat oleh aparat kepolisian setempat di lingkungan gereja.

Pantauan liputan6.com, Senin (31/12/2012), jemaat gereja hanya mengadakan ritual doa, sebelum misa akhir tahun digelar pada pukul 18.00 WIB nanti.

Menurut staf Gereja Katedral Aristo Sia, untuk misa jelang akhir tahun tak ada penambahan keamanan dari polisi. Tapi petugas keamanan gereja ditambah.

"Tadi pagi pun polisi dari Tim Gegana datang ke gereja, mereka hanya menanyakan kegiatan misa di gereja ini, kemudian mereka pulang, tidak ada kegiatan steriliasasi," kata Aristo.

Aristo menambahkan, pengamanan ketat diberlakukan saat Natal. Namun untuk akhir tahun tidak ada. Kendati ada polisi yang berjaga, itu hanya penjagaan biasa.

"Kalo seperti biasanya pada malam Natal, polisi melakukan penyisiran, tapi untuk misa akhir tahun ini tidak ada, karena ini misa seperti biasanya," ucap Aristo.

Sementara itu misa untuk tahun ini, jelas Aristo dipimpin Romo ST Bratakartana, SJ. Sedangkan untuk Misa pertama, pukul 06.00 WIB dan pukul 18.00 WIB pada 1 Januari 2013 dipimpin Romo Yulius Eko Sulistiyo.

Sama dengan di Gereja GPIB Immanuel Gambir. Ketua II PHMJ Leonard Mailopuw menambahkan kesiapan ibadah menyambut malam pergantian tahun sama seperti pada malam Natal. Namun untuk pengamanan, GPIB Immanuel dibantu aparat kepolisian.

"Tidak ada yang terlalu istimewa dalam ibadah tahun ini. Namun, sekitar 40-an personel dari kepolisian yang akan berjaga," imbuh Leonard ditemui wartawan liputan6.com.

Bahkan ia memperkirakan jumlah jemaat yang hadir akan menurun dibanding pada malam Natal. Sebab di Jakarta pada malam Tahun Baru akan dipenuhi beragam acara.

Pantauan liputan6.com di GPIB Immanuel ada sekitar beberapa anggota Kepolisian Sektor Gambir beserta satu regu korps Brimob yang terlihat berjaga di halaman gejeja tersebut.

Sedangkan arus lalu lintas di wilayah ring 1, dari Istana Merdeka, Masjid Istiglal, lapangan banteng hingga Monumen Nasional (Monas) cukup lancar.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini