Warga Denpasar Gelar 'Melepas Matahari 2012'

  • Peristiwa
  • 0
  • 31 Des 2012 01:36
Tahun 2012 tersisa kurang dari 24 jam. Sejumlah kegiatan dipersiapkan menyambut tahun 2013.

Di Bali misalnya, Pemerintah Kota Denpasar akan menggelar kegiatan "Melepas Matahari 2012". Acara ini akan digelar di perempatan patung Catur Muka, Senin (31/12/2012) petang.

Kepala Dinas Ketenteraman, Ketertiban dan Satpol PP Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, mengatakan, pihaknya menyiagakan 40 orang personel untuk mengamankan pelaksanaan kegiatan tahunan tersebut.

Petugas difokuskan untuk mengamankan pengunjung yang hadir pada perayaan melepas tahun 2012 itu. Bahkan diperkirakan, jumlah pengunjung akan melonjak karena pada saat bersamaan dan di tempat yang sama juga ada penutupan "Denpasar Festival".

"Saya juga mengimbau para pedagang asongan dan kaki lima untuk tidak masuk ke kawasan patung Catur Muka karena bisa mengganggu aktivitas kegiatan 'Melepas Matahari 2012' itu," kata Alit, Minggu (30/12/2012).

Alit tidak menampik, jumlah pedagang asongan dan kaki lima sering kali menjamur di titik-titik keramaian. Mayoritas dari mereka memang memaksakan diri untuk mengambil risiko dengan melanggar aturan agar bisa berjualan.

Untuk itu, pihaknya akan memberikan tindakan tegas kepada para pedagang yang membandel. "Kami akan ambil tindakan tegas dan langsung memberikan tindak pidana ringan atau tipiring kepada pelanggar aturan yang dilakukan para pedagang. Tak ada lagi istilah pembinaan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar I Made Mudra mengatakan kegiatan "Melepas Matahari 2012" merupakan rangkaian dari "Denpasar Festival". Menurut dia, kegiatan tersebut akan menjadi penutup Denfes 2012 yang diselenggarakan sejak Jumat (28/12) lalu.

"Kegiatan ini akan diawali dengan parade yang diikuti anak-anak sekolah di Kota Denpasar. Pada pawai ini berbagai pergelaran akan ditampilkan untuk memeriahkan akhir tahun. Berbagai jenis hiburan akan digelar secara sambung menyambung hingga detik-detik pergantian tahun 2012 hingga masuk ke Tahun Baru 2013," kata Mudra. (Ant/Ary)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler