Sukses

VIDEO: Aneka Aksesoris dari Kelapa Ada di Banyuwangi

Selain dikenal sebagai lumbung pangan nasional, Banyuwangi, Jatim, juga dikenal sebagai penghasil kelapa. Tak heran setiap jengkal kebun warga, bisa ditemukan pohon kelapa.

Selain dikenal sebagai lumbung pangan nasional, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur juga dikenal sebagai penghasil kelapa. Tak heran setiap jengkal kebun warga, bisa ditemukan pohon kelapa.

Hal ini membuat perajin tergerak menjadikan bahan kerajinan tas, dompet, tempat tissue, dan aneka aksesoris lainnya dari bahan tempurung kelapan dan sabut kelapa. Hasil kerajinan ini sangat diminati turis mancanegara.

Salah satunya usaha yang dirintis Fatoni, warga Desa Kejoyo, Kecamatan Kabat, Banyuwangi. Awalnya hanya memenuhi sejumlah art shop di Bali. Namun respons turis dari berbagai negara cukup tinggi, hingga akhirnya Fatoni membangun art shop sendiri. Ia kini bisa melayani langsung pemesanan dari luar negeri.

Sebelum berkembang seperti sekarang, Fatoni hanya memanfaatkan tempurung kelapa untuk pelapis tas. Tekstur tempurung kepala setelah dihaluskan, memang cukup bagus dan kesan alaminya lebih kuat.

Meski begitu, selanjutnya tempurung dikembangkan dalam bentuk kerajinan lain yaitu untuk vas bunga. Bahkan ada yang dibiarkan bulat kemudian diberi tali dan dijadikan berbagai tempat telepon genggam dan tas.

Bahan baku kerajinan ini mudah didapatkan. Sebab karena di Banyuwangi banyak ditemukan pohon kelapa.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini