Sukses

VIDEO: Unik, Tari Paju Gandrung Kuda

Kesenian yang mengkolaborasikan antara tarian gandrung dan kuda kincak itu disebut tari paju gandrung kuda.

Kemolekan gerak penari gandrung di Banyuwangi, Jawa Timur ternyata mampu meluluhkanlantakkan kuda yang liar. Bahkan kuda mampu mengikuti gerak penari gandrung dengan lenggak-lenggok hingga menarik perhatian penonton. Kesenian yang mengkolaborasikan antara tarian gandrung dan kuda kincak itu disebut tari paju gandrung kuda.

Pada praktiknya, dua ekor kuda yang ditunggangi sang joki menari seolah mengikuti gerak penari gandrung. Tak mau kalah dengan penari gandrung yang mengenakan busana gandrung, kuda juga dihias sedemikian rupa mulai dari kaki hingga kepala dihias berbagai pernik. Hasilnya terlihat unik dan menarik untuk ditonton.

Kesenian paju gandrung kuda tak jauh berbeda dengan pertunjukan tari gandrung pada umumnya diiringi berbagai gending. Meski kuda tergolong liar dan beringas, namun kali ini kuda mampu menari bersama gandrung dalam satu arena.

Untuk menari bersama kuda, penari gandrung dituntut memiliki ketrampilan dan kelihaian khusus. Penari harus bisa menghindar jika kuda terlihat mulai beringas.

Tak hanya penari gandrung, namun joki juga dituntut memiliki ketrampilan khusus mengendalikan kuda di arena pertunjukan.

Komunitas gandrung ini rutin mengadakan pertemuan yang diisi arisan dan berlatih bersama.

Tradisi paju gandrung kuda berkembang sekitar tahun 1990-an. Awalnya komunitas penggemar dan pencinta kuda kincak ini hanya beberapa orang. Sekarang jumlahnya sudah mencapai seratus orang. Pada akhir acara, kuda diwajibkan menampilkan atraksi di hadapan para penonton.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini