Sukses

Teroris Penembak Polisi Poso Masuk Daftar Buron

Pelaku penembakan anggota polisi di Poso, Sulawesi Tengah, telah diketahui identitasnya dan sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Pelaku penembakan anggota polisi di Poso, Sulawesi Tengah, telah diketahui identitasnya dan sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Hanya menunggu waktu untuk melakukan penangkapan," kata Kepala Polda Sulawesi Tengah, Brigjen Pol Dewa Parsana, Sabtu (29/12/2012).

Dia mengatakan, untuk melakukan penangkapan DPO itu dibutuhkan proses waktu yang lama. Kendati demikian dirinya tak menyebutkan jumlah DPO yang ada di Kabupaten Poso. "Jumlahnya banyak lah, dan berasal dari sejumlah daerah bukan hanya dari Poso," katanya.

Menurutnya, paham ideologi yang keliru sudah merasuk ke kelompok radikal bersenjata itu dan mereka memiliki kader serta simpatisan yang siap mendukung.

"Ini harus diselesaikan secara komprehensif melalui pendekatan secara persusasif dan membutuhkan waktu," kata Parsana.

Sementara itu Satgas Penegakan Hukum dan Pengamanan Poso selama kurun 2 bulan terakhir, dilaporkan telah menangkap 14 orang terkait kelompok radikal di kabupaten itu.

Dewa Parsana mengatakan 14 tersangka itu, sebagian telah dikirim ke Mabes Polri untuk menjalani pemeriksaan secara lanjutan. Sementara 2 tersangka S dan M masih berada di Polda Sulawesi Tengah, dan akan segera dikirim ke Mabes Polri.

Para tersangka yang telah ditangkap itu diduga kuat terlibat langsung pada pembunuhan 2 polisi di Dusun Tamanjeka pada pertengahan Oktober 2012, dan penembakan aparat di Poso pada 20 Desember 2012. (Ant/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.