Sukses

VIDEO: Saatnya Mencari Emas di Sungai Deluang

Musim hujan tiba, aktivitas warga bantaran Sungai Deluang di Desa Demung, Situbondo, Jatim, pun berganti. Warga desa yang biasanya bertani kini mencari emas.

Musim hujan tiba, aktivitas warga bantaran Sungai Deluang di Desa Demung, Situbondo, Jawa Timur, pun berganti. Warga desa yang biasanya bertani beramai-ramai mencari emas. Tua dan muda sibuk mencari logam kuning itu dari pagi hingga sore hari.

Alat yang mereka gunakan sangat sederhana. Hanya pipa yang ditempeli kaca untuk melihat emas di dasar sungai. Lalu sebuah wajan untuk mencari emas yang masih bercampur kerikil dan pasir.

Mencari emas di sungai pada musim hujan seperti ini berlangsung sejak lima tahun lalu. Pada musim hujan, butiran emas muncul dan relatif mudah didapat.

Misyadi, salah seorang warga Desa Demung, merasakan betul berkah dari pencarian emas di sungai ini. Jutaan rupiah sudah ia raup dari si kuning berharga itu. Warga menduga, emas itu dulu adalah milik Damarwulan yang tercecer saat dalam perjalanan menuju Kerajaan Blambangan yang kini menjadi Kabupaten Banyuwangi.

Emas ditemukan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Ada yang berbentuk butiran kerikil, ada pula cincin serta gelang zaman kerajaan. Warga juga tak jarang menemukan uang logam kuno.

Sejauh ini belum ada tinjauan dari pemerintah setempat untuk membuktikan kebenaran keterangan warga tentang emas yang mereka temukan di Sungai Deluang.(Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini