Sukses

Disebut Juara Korupsi, Golkar: Pelaku Korupsi Besar Bukan Kami

Menurut anggota Komisi II DPR itu, partai yang kadernya banyak tersandung korupsi bukanlah partai Golkar.

Dalam catatan Indonesia Corruption Watch, sebanyak 52 politisi tersandung korupsi selama 2012. Dari jumlah itu, Golkar sebagai partai yang kadernya paling banyak tersandung korupsi.

Ketua DPP Golkar, Taufiq Hidayat, meragukan data ICW itu. Menurut anggota Komisi II DPR itu, partai yang kadernya banyak tersandung korupsi bukanlah partai berlambang beringin.

"Saya rasa itu ingin membalikan opini yang sudah berkembang di masyarakat, jadi opini yang sudah berkembang di masyarakat bahwa partai yang gempar dengan kasus korupsi bukan Golkar," kata Taufiq saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (28/12/2012).

Menurut Taufiq, data ICW itu harus dicek kembali kebenarannya. "Data itu merupakan cara untuk membalikkan opini yang ada di masyarakat saja," ujarnya.

Taufiq yakin, data ICW yang menempatkan kader Golkar sebagai juara korupsi itu juga tidak akan berdampak pada Pemilu 2014 mendatang. "Opini sudah terbentuk bahwa kasus-kasus korupsi yang besar itu bukan Golkar yang melakukannya," ujarnya.

Sebelumnya, ICW juga mencatat ada 52 politisi yang tersandung korupsi selama 2012. Golkar (14 orang), Partai Demokrat (10 orang), PDIP (8 orang), PAN (8 orang), PKB (4 orang), PKS (2 orang), Gerindra (3 orang), PPP (2 orang) dan 1 orang tidak teridentifikasi parpolnya, yaitu Ketua DPRD Fakfak. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini