Sukses

Dampak Positif dari Game Online

Siapa yang tidak tahu dan tidak pernah memainkan game online? Kebanyakan dari masyarakat pasti menilai game online berdampak buruk. Namun jika kita lebih kritis lagi, ternyata game online juga memiliki dampak positif.

Citizen6: Siapa yang tidak tahu dan tidak pernah memainkan game online? Pasti bagi para remaja sudah tidak asing lagi dengan game online, terutama pelajar atau mahasiswa. Game online adalah game atau permainan yang dimainkan menggunakan koneksi internet, sehingga dapat terhubung ke manapun.

Dengan bermain game online dapat bertemu teman-teman karena memakai koneksi internet sehingga tidak hanya bermain sendirian. Maka dari itu untuk melepaskan stres akibat rutinitas sebagai mahasiswa, mereka melakukan aktifitas yang bagi mereka simple namun menghibur, yaitu bermain game online.

Kebanyakan dari masyarakat pasti menilai game online berdampak buruk. Namun jika kita lebih kritis lagi, ternyata game online juga memiliki dampak positif. Berikut ini adalaha beberapa dampak positif dari game online tersebut:

1. Hiburan

Dengan memanfaatkan sebuah permainan bisa untuk mencoba mengurangi stress akibat aktivitas yang telah kita lalui atau untuk menghilangkan kebosanan karena kegiatan yang itu-itu saja.

2. Ajang menambah kawan

Dengan bermain game online bisa menambah teman di dunia maya. Saling tegur sapa dan bisa untuk menjalin tali silaturahmi misalnya tukeran link facebook, twitter, dan lainnya. Walaupun itu lawan di game online, namun nantinya bisa jadi kawan.

3. Sarana penghasilan.

Ternyata hanya dengan duduk dan bermain game online dapat menghasilkan uang. Contohnya dalam game online para pemain dapat menjual karakter yang telah dimainkan ataupun item-item yang diperlukan pemain lain. Setelah sepakat, nanti akan langsung dilakukan transaksi pembayaran.

4. Membuka lapangan pekerjaan

Dari tahun per tahun penggemar game online selalu meningkat. Otomatis penyedia game online atau warnet game online semakin banyak. Dengan demikian lapangan kerja baru tercipta.

5. Bisa untuk ajang melatih konsentrasi

Misalnya saja dalam game-game online dengan genre action, dibutuhkan konsentrasi saat menembak, sembunyi ataupun lari. Mereka juga akan lebih fokus dalam mengahadapi misi-misi dalam game tersebut. Hal itu membuat para pemainnya memiliki pola pikir untuk segera dan dapat menyelesaikan tugas atau misi yang ada.

Demikian dampak positif dari game online. Faktanya tidak ada yang mutlak berdampak baik bagi seseorang karena setiap yang "baik" pasti ada yang "buruk". Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya. Jadi, manfaatkan game online dengan bijak dan gunakan seperlunya. (Muhammad Faris/YSH)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.