Sukses

VIDEO: Ada Energi Baru Nih, Baterai Isi Biji Nyamplung

Ternyata buah nyamplung bermanfaat untuk kesehatan, dan merupakan penghasil minyak (Biofuel) yang kadar Oktannya cukup tinggi.

3 Orang mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur menciptakan sumber energi baru dari buah nyamplung. Seperti apakah buah nyamplung, sehingga bisa menjadi sumber energi?

Nyamplung adalah jenis tanaman serbaguna. Disamping kayunya bagus untuk digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan dan meubel, buahnya bermanfaat untuk kesehatan dan penghasil minyak (Biofuel) yang kadar Oktannya cukup tinggi.

Atina Husnayain, Mutmainah dan Ridwan Arifin berhasil menciptakan sumber energi baru ala mereka sabagai pengganti baterai. Yang mengguankan bahan dasar buah nyamplung itu.

Buah tersebut mereka ambil bijinya, lalu diparut hingga halus dan di oven dengan suhu 100 derajat celcius untuk menghilangkan kadar air. Lalu 10 gram serbuk biji buah nyamplung itu dimasukkan ke dalam baterai kosong, yang pasta karbonnya sudah dikeluarkan dari baterai. Kemudian baterai ditutup kembali, dan hasilnya baterai isi serbuk biji nyamplung itu ternyata bisa menyala.

Baterai kreasi ketiga mahasiswi itu juga ternyata lebih ramah lingkungan dan tidak berbahaya, ketimbang baterai berbahan dasar karbon.

Rencananya, temuan mereka itu akan terus dikembangkan untuk diberdayakan bagi masyarakat di pedesaan yang masih mengalami krisis listrik.(Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini