Ketua MA: Jumlah Hakim Nakal Meningkat

on Dec 27, 2012 at 15:44 WIB

Dari catatan sepanjang tahun 2012, jumlah hakim nakal ternyata mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Namun, sanksi yang diberikan kepada mereka juga meningkat.

"Sampai dengan 26 Desember 2012, ada 160 yang dijatuhi hukuman displin, meningkat dibanding 2011 yang jumlahnya hanya 130," jelas Ketua MA, Hatta Ali, di Media Center MA, Kamis (27/12/2012).

Dari 160 orang yang dijatuhi hukuman disiplin itu sebagian besar adalah hakim nakal. "Terbanyak adalah hakim, walau belum separuhnya, tapi paling banyak itu hakim," imbuh Hatta.

Hukuman bagi para hakim nakal itu, lanjut Hatta, berbeda-beda, sesuai tingkat pelanggaran yang dilakukan. "Penggolongan tergantung kadar perbuatannya, dianggap kesalahan ringan dijatuhi sanksi ringan. Kalau berat, tidak boleh dua tahun memimpin sidang atau dibawa ke MKH," tegas Hatta.

Peningkatan pemberian hukuman, lanjut Hatta, merupakan buah sikap proaktif pimpinan peradilan tingkat banding dalam mengawasi wilayah masing-masing. "Apabila hal-hal yang bersifat strategis baru badan pengawasan turun ke daerah," terangnya.

Menurut Hatta, hal-hal bersifat strategis itu apabila ada kasus dari pelapor yang menarik perhatian masyarakat. "Lalu, apabila pelapor itu sudah pindah tempat ke pengadilan tinggi wilayah lain di luar provinsi, baru ditangani Badan Pengawasan MA," ucapnya.(Ado)

Suka artikel ini?

0 Comments