Sukses

Bangun Gorong-gorong, Jokowi Cari Investor

Gubernur DKI Jakarta Jokowi mencari investor untuk membangun terowongan gorong-gorong. Dia tidak ingin menggunakan APBD DKI Jakarta.

Pembesaran deep tunnel atau terowongan gorong-gorong di sejumlah jalan protokol Jakarta akan dimulai tahun depan. Namun, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tidak ingin menggunakan dana dari APBD DKI Jakarta.

"Inginnya kita tidak pakai APBD. Baru kita carikan investornya. Tapi kalau memang nanti harus diperlukan APBD, ya kita pakai. Tidak masalah. APBD juga siap," ujar Jokowi usai sidang paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (27/12/2012).

Dia yakin akan banyak yang berminat menangani proyek gorong-gorong terowongan tersebut setelah Januari nanti. Bekerja sama dengan investor, tambahnya, bisa mempercepat pembangunan tanpa harus menunggu APBD.

"Pasti ngantri, lihat saja. Karena deep tunnel tidak hanya untuk banjir. Bisa untuk kabel optik, kabel listrik, air limbah, buangan air limbah juga di situ dan digunakan setelah banjir. Bisa untuk tol juga," ujar Jokowi.

Dijelaskan Jokowi, nilai anggaran untuk pembangunan terowongan gorong-gorong diperkirakan sebesar Rp 16 triliun. Lantas, siapa yang akan mengerjakan proyek ini?

"Mestinya langsung Dinas PU, karena berkaitan dengan air dan jalan tol. Sementara ini belum terpikir untuk minta bantuan pemerintah pusat," pungkasnya.(Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini