Sukses

Ahok: Smartcard Transjakarta Diluncurkan Januari 2013

Bus transjakarta pada Januari 2013 akan menerapkan smartcard, yakni sistem pembayaran e-ticketing di 11 koridor. Ini dilakukan untuk mengimbangi berkembangnya moda transportasi yang canggih.

Bus transjakarta pada Januari 2013 akan menerapkan smartcard, yakni sistem pembayaran e-ticketing di 11 koridor. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi berkembangnya moda transportasi massal dengan pembayaran yang canggih.  

"Gubernur minta sama saya agar tahun 2013 semua transjakarta sudah menggunakan smartcard, sehingga kalau ada kebocoran bisa kita atasi," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Balaikota, Jakarta, Rabu (26/12/2012).

Sistem smartcard ini sudah diberlakukan di Yogyakarta dan Solo, Jawa Tengah. Oleh sebab itu Pemprov DKI Jakarta meminta dan menggandeng sebanyak-banyaknya bank agar program tersebut terlaksana.

"Jadi kita minta sama bank untuk bantu tanpa kita mengeluarkan biaya. Karena smartcard itu kan bicara jumlah. Kita minta pada Bank Mandiri, BNI, BCA, dan BRI. Minimal 4 bank yang dipimpin Bank DKI," jelasnya.

Bagi para penggunaan transjakarta, akan bisa merasakan program ini pada 2013. "Januari 2013 sudah bisa diluncurkan smartcard. Kemudian pada Maret 2013, sistem pembayaran ini sudah terpasang di seluruh halte transjakrta," ujarnya.(Frd)





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini