Sukses

Wisata Gua Pindul Yogyakarta

Selain identik dengan wisata belanja ala malioboro dan wisata budaya di keraton Yogyakarta, Jogya juga memiliki wisata alam yang bisa dijadikan destinasi liburan. Salah satunya wisata Gua Pindul.

Citizen6, Jogjakarta: Anda pernah dengar nama Gua Pindul? Di gua ini juga ada aktivitas Cave Tubing yang bisa dilakukan bersama keluarga tercinta di rumah. Tertarik? Segeralah kunjungi Kota Yogyakarta.

Yogyakarta seakan tak ada habisnya menyodorkan keindahan alam dan budayanya sebagai penarik wisatawan. Jika sebelumnya Jogja sudah sangat identik dengan wisata belanja ala malioboro dan wisata budaya di keraton Jogyakarta, Jogja juga mempunyai wisata alam yang  sangat cocok dijadikan destinasi liburan Anda. Wisata alam di Gua Pindul salah satunya.

Terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, menyusuri gua pindul akan menimbulkan sensasi tersendiri. Jika Anda terbiasa menyusuri gua dengan berjalan di tengah kegelapan, maka Gua Pindul menawarkan sesuatu yang berbeda karena Gua Pindul sendiri dialiri sungai tanah Beriharjo. Untuk merasakan sensasinya Anda bisa melakukan aktivitas cavetubing atau menyusuri gua menggunakan ban maupun perahu karet yang sudah disediakan. Gua pindul sendiri memiliki panjang kira-kira 300 meter, lebar 5 meter, dan kedalaman air 5 meter.

Cavetubing di Gua Pindul tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa, tapi juga aman dilakukan anak-anak karena aliran sungainya yang tenang. Bagi Anda yang ingin melihat sensasi keindahan gua ini, cobalah melakukan aktivitas cavetubing menjelang siang karena atap gua akan terkena sinar matahari yang menambah keindahan pemandangan dalam gua. Selain menyusuri keindahan gua, tour guide biasanya akan menceritakan asal-usul legenda Gua Pindul. Asal kata ‘pindul’ sendiri berasal dari kata pipi gebendul.

Suasana yang hening dan gelap di dalam gua akan menambah sedikit rasa tegang. Selain itu di dalam gua  terdapat stalagmit dan stalaktit seperti Kristal, bahkan ada stalagmit dan stalaktit yang menyatu hingga membentuk seperti pilar besar. Sedangkan di tengah gua ada kolam yang biasa dijadikan tempat istirahat sejenak para wisatawan.

Lokasi menuju Gua Pindul sangat mudah dicapai dan biayanya pun cukup murah. Hanya dengan Rp 25.000, Anda sudah mendapatkan wisata alam yang menakjubkan sekaligus menegangkan. Jadi apabila Anda ke Yogyakarta, jangan lewatkan cavetubing ala Gua Pindul. (Maulana Ramadhan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.