Magelang Banjir Lahar Dingin Merapi

  • Politik
  • 0
  • 25 Des 2012 21:08

lahar-dingin121129d.jpg
Hujan deras yang terjadi di puncak Merapi, Magelang, Jawa Tengah, sejak siang sampai petang tadi menyebabkan banjir lahar dingin. Lahar dingin terjadi di Kali Putih, Kali Pabelan, Kali Krasak dan Kali Lamat di Kabupaten Magelang.

"Lahar dingin dapat tertahan oleh cekdam dan sabo. Tidak ada korban. Semua warga sudah diamankan oleh BPBD bersama relawan," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis, Selasa (25/12/2012).

Menurut Sutopo, ancaman lahar dingin berikutnya perlu diwaspadai karena kondisi cekdam sudah penuh pasir dan alur sungai mengalami pendangkalan. Material lahar dingin di puncak Merapi masih 77 juta meter kubik.

Hujan juga menyebabkan tanah amblas hingga 1,5 meter di Desa Garung, Kecamatan Sukoharjo, Wonosobo. Kondisi ini mengancam permukiman 87 KK (300 jiwa). Sebanyak 40 KK diungsikan di rumah kerabatnya. BPBD masih melakukan pendataan.

Kemarin malam, bencana longsor juga terjadi di Dusun Winong RT 6 RW 10 Desa Karangwuni, Kecamatan Pringsurat, Temanggung. Kerusakan yang ditimbulkan  talud rusak dan 1 rumah. Sedangkan di Desa Plosogading, Candiroto, Temanggung longsor menyebabkan tanaman jagung seluas 3 ha rusak.

"Kenali tanda-tanda awal longsor seperti di perbukitan atau tebing adanya rekahan, mata air menjadi keruh dan hujan yang deras," kata Sutopo. Demikian juga masyarakat yang tinggal di dataran banjir perlu mengamati perilaku debit sungai. (Ism)

Credit: Ism

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler