Sukses

VIDEO: Lapak PKL di Stasiun Citayam Digusur

Penggusuran kali ini berlangsung tertib tanpa ada perlawanan dari para pedagang

Setelah Stasiun Depok, PT Kereta Api Indonesia kemarin mulai menggusur ratusan pedagang kaki lima di areal Stasiun Citayam, Bogor, Jawa Barat.

Lapak dan kios, baik permanen maupun yang dibangun seadanya dibongkar dan dihancurkan.  

Penggusuran kali ini berlangsung tertib tanpa ada perlawanan dari para pedagang. Bahkan sejumlah pedagang ada yang membongkar sendiri lapaknya.
 
Menurut Humas PT KAI Daops 1, pembongkaran kios pedagang dilakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada penumpang kereta api.  Para pedagang dilarang berjualan di areal stasiun agar tertib dan rapi.

Senior Manajer Humas Daop 1 Jakarta, Mateta Rijalulhaq mengatakan, ada sekiatr 104 kios yang dibongkar. "Ini persiapan pelayanan stasiun agar bisa lebih baik dan tertib," kata dia.

Pedagang sendiri mengaku pasrah lapaknya digusur, meski tak tahu lagi ke mana harus menggelar dagangannya.

"Kami menyewa setahun Rp 6,5 juta," kata salah satu pedagang, Nenah. Sudah enam tahun ia berdagang di Stasiun Citayam.

Tahun pertama ia hanya membayar Rp 4 juta. "Tapi izinnya sudah habis sekarang," tambah Nenah.

Sebelumnya, penertiban yang dilakukan di Stasiun Depok Baru awal Desember lalu. Sempat terjadi bentrokan antara petugas dan ratusan pedagang -- yang menuntut relokasi dan ganti rugi.(Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini