Sukses

VIDEO: Jelang Tahun Baru, Harga Daging Makin Melonjak

Harga kebutuhan pokok mulai merambat naik di sejumlah daerah. Terutama daging sapi dan ayam.

Menjelang Natal dan tahun baru, harga-harga kebutuhan pokok mulai merambat naik di sejumlah daerah. Kenaikan terutama terjadi pada daging sapi dan ayam.
 
Sehari menjelang Natal, harga daging terus merangkak naik. Di Pasar Bunder, Sragen, Jawa Tengah, daging sapi naik dari Rp 65 ribu menjadi Rp 70 ribu per kilogram .
 
Sedangkan harga daging ayam yang semula Rp 22 ribu per kilogram, kini sudah melonjak hingga Rp 26 ribu per kilonya. Berkurangnya pasokan daging menjelang libur panjang Natal dan tahun baru menjadi alasan kenaikan harga.

"Mulai hari ini harga naik, telat, karena nggak ada," kata salah satu penjual, Suparmi.

Kondisi serupa juga terjadi di Karanganyar, Jawa Tengah. Kenaikan paling mencolok terjadi pada harga daging ayam. Di Pasar Jungke, harga ayam yang sebelumnya hanya Rp 18 hingga Rp 20 ribu per kilogram kini sudah melambung hingga Rp 26 ribu per kilonya.

Sedangkan di Bulukumba, Sulawesi Selatan, selain daging, kenaikan harga juga terjadi pada telur dan sayur mayur seperti cabe merah dan kentang. Naik rata-rata 30 persen.
 
Kenaikan paling tinggi terjadi pada telur, yang sebelumnya dijual Rp 23 ribu per kilogram, kini harganya sudah melambung hingga Rp 30 ribu per kilo. Kenaikan ini dikeluhkan warga dan berharap pemerintah segera melakukan operasi pasar untuk menyetabilkan harga kebutuhan pokok.(Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.