Sukses

VIDEO: Puting Beliung Terjang Bekasi

Sejumlah pohon tumbang dan menimpa rumah warga dan bangunan lainnya.

Puluhan rumah di Bekasi, Jawa Barat rusak setelah diterjang angin kencang disertai hujan deras. Sejumlah pohon juga tumbang dan menimpa rumah warga dan bangunan lainnya.

Warga Desa Karang Harja, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi hanya bisa pasrah menyaksikan kondisi rumah mereka setelah diterjang angin puting beliung.

Mereka tidak menyangka jika angin kencang disertai hujan deras akan memorak-porandakan rumah serta bangunan lain seperti SD dan juga masjid.

Sebagian warga berupaya memperbaiki atap rumah yang sudah lepas akibat diterjang angin kencang, lainnya menyelamatkan perabotan rumah mereka yang ikut berantakan.

Sejumlah warga bersama perangkat desa, dibantu polisi ikut mengevakuasi sejumlah pohon tumbang, yang menimpa bangunan SD.

Puting beliung masih mengancam di tahun 2013, yang tinggal hitungan hari. "Puting beliung berpotensi hingga Maret-April 2013," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, saat memaparkan bencana yang berpotensi terjadi di nusantara 2013 mendatang.

Dia juga menyebut, ada 13 jenis bencana yang mungkin terjadi. Yakni, bencana geologi (gempa bumi, tsunami, erupsi gunung berapi), bencana hidrometerologi (banjir, longsor, kekeringan, kebakaran lahan dan hutan, puting beliung dan gelombang pasang), bencana biologi (epidemik, wabah penyakit), dan bencana sosial (konflik sosial, teror).(Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.