Sukses

10.250 KK Terendam Banjir di Bandung

Meluapnya Sungai Citarum Hulu dan anak-anak sungainya telah menyebabkan banjir di 6 kecamatan di Kabupaten Bandung Jawa Barat.

Meluapnya Sungai Citarum Hulu dan anak-anak sungainya telah menyebabkan banjir di 6 kecamatan di Kabupaten Bandung Jawa Barat.

Banjir terjadi sejak Jumat (21/12/2012) hingga hari ini. Menurut catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBD), kecamatan yang terendam banjir adalah Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Rancaekek, Cileunyi dan Banjaran.

Akibatnya, sekitar 10.250 KK (40.000 jiwa) terendam. Sebanyak 369 KK (1.448 jiwa) mengungsi. Tidak ada korban hingga saat ini.

Dampak lain banjir adalah kemacetan total di wilayah Kec Cileunyi, Rancaekek, Dayeuhkolot dan Banjaran. Upaya penanggulangan bencana yang dilakukan BPBD Kab Bandung dan BPBD Jawa Barat adalah memberikan tempat evakuasi dan dukungan logistik pangan. Kebutuhan mendesak adalah makanan siap saji dan peralatan evakuasi.

Dalam siaran persnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB DR. Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, banjir di Citarum Hulu adalah banjir rutin. "Kerusakan DAS Citarum, sedimentasi sungai, sampah di sungai, berkembangnya permukiman di bantaran sungai, konversi lahan dan sebagainya adalah penyebab banjir Citarum," kata Sutopo.

Selain banjir, juga terjadi longsor di Kecamatan Cimenyan dan Kutawaringin Kabupaten Bandung. Longsor menyebabkan 9 rumah rusak berat.

Hingga saat ini Bupati Bandung merasa belum perlu mengeluarkan surat pernyataan darurat. BPBD Bandung dan dinas terkait masih mampu mengatasi bencana dengan mengerahkan sumber daya yang dimilikinya. Selain itu, "Sebagian masyarakat juga sudah terbiasa dengan banjir karena hampir setiap tahun mengalami banjir. Sebagian masyarakat telah beradaptasi dengan bencana yaitu dengan membangun rumah tingkat dan melakukan evakuasi mandiri," ujar Sutopo. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.