Kisah Wanita Buruk Rupa: Korban Pemerkosaan yang Jadi Jutawan

  • Peristiwa
  • 0
  • 23 Des 2012 15:55

Wajahnya tak seberuntung nasibnya. Wanita buruk rupa di India berhasil memenangkan hadiah ratusan juta dalam sebuah kuis televisi. Meski wajahnya dalam keadaan kurang normal, Sonali Mukherjee tetap percaya diri mengikuti kuis berhadiah miliaran.

Namun, Mukherjee memiliki kisah kelam yang takkan terlupakan. Saat ia melihat cermin, ia bisa mengingat pengalaman pahitnya itu. Karena insiden masa lalunya ini, wajah wanita 27 tahun itu menjadi hancur.

Tepatnya, sekitar 9 tahun yang lalu atau tahun 2003, Mukherjee diperkosa 3 teman kampusnya. Saat ia sedang tidur terlelap di kamar, 3 mahasiswa menyambangi dan memperkosanya. Namun, karena Mukherje memberontak, wajahnya disiram cairan kimia bernama 'Tezaab'.

Mukherjee adalah seorang mahasiswi yang cukup berprestasi di Universitas Dhanbad, India. Tapi pencapaian gemilangnya itu langsung sirna saat dirinya menjadi korban pemerkosaan dan kekerasan. Mukanya kini hancur, terutama di bagian mata, hidung dan telinga.

Berbagai upaya medis telah dilakukan untuk memperbaiki bentuk wajahnya. Namun, tidak berhasil. Sudah 22 kali operasi kulit, Mukherjee tetap buta dan sedikit terganggu pendengarannya.

Sementara ketiga pelaku berhasil ditangkap. Namun mereka sudah bebas tak lama kemudian hanya dengan uang jaminan. Kisah ini merupakan salah satu contoh kekerasan yang rawan terjadi di India. Belum lama ini, seorang mahasiswi 23 tahun diperkosa beramai-ramai dalam bus kota di New Delhi.

India memang cukup dikenal dengan angka kekerasan yang tinggi terhadap perempuan. Data kejahatan nasional menyebutkan, 228.650 dari total angka kejahatan 256.329 yang terjadi di India, menimpa perempuan.

Menang Kuis

Setelah lama menghilang dari kasusnya itu, Mukherjee akhirnya muncul kembali di hadapan publik. Tapi, kali ini bukan sebagai korban pemerkosaan, melainkan sebagai peserta kuis 'Kaun Banega Crorepati' atau dikenal 'Who wants to be a millionaire'. Sangat mengejutkan, wanita ini berhasil membawa pulang hadiah utama 2,5 juta rupee atau sekitar Rp 438 juta setelah berhasil menjawab 10 pertanyaan.

Keberhasilan Mukherjee ini berkat tekad yang kuat dan tak pantang menyerah untuk terus melakukan pengobatan untuk wajahnya. Wanita ini pun mengaku segera menggunakan uang untuk melakukan operasi kulit tambahan.

"Jika Anda bisa melihat gambar seorang wanita cantik, saya yakin Anda juga bisa melihat wajah saya yang terbakar," kata Sonali, seperti dilansir AsiaOne, Minggu (23/12/2012).

"Saya memenangkan uang tapi saya butuh lebih banyak lagi untuk pengobatan saya," sambungnya.

Dituturkan Mukherjee, ia tidak akan tinggal diam dengan nasibnya seperti ini. Ia lebih memilih tetap berdiri tegak untuk menghadapi semuanya.

"Sangat mudah bagi korban kekerasan air keras seperti saya untuk diam dan menelan semuanya. Namun saya memilih untuk berdiri dan berteriak melawan kekerasan," ungkapnya.

Perjalanan hidup Mukherjee ini membuat jutaan penonton acara tersebut terharu. Bahkan, ada penonton di studio bercucuran air mata melihatnya. Semua orang menilai wanita ini telah membangkitkan semangat perempuan di India untuk melawan segala bentuk kekerasan. 

Amitabh Bachchan selaku pembawa acara kuis tersebut menyatakan Mukherjee adalah pelajaran berharga bahwa kita semua. Setiap orang memiliki kisah kelam dan kita mesti tetap bersyukur karena masih banyak orang di luar sana yang tidak seberuntung keadaan kita.

"Kadang kita pikir, hidup kita sudah cukup menderita, semua hal sepertinya tak sesuai dengan keinginan. Namun saat kita bertemu dengan Sonali, kita sadar betapa beruntungnya kita," ujar Amitabh Bachchan. (Riz)

 

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler