Sukses

Jelang Natal, 2.698 Kendaraan Padati Pelabuhan Merak

Jumlah penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan meningkat selama 3 hari terakhir. Bahkan, kendaraan pribadi memadati Dermaga I, II, III, dan IV Pelabuhan Merak.

Jumlah penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan meningkat selama 3 hari terakhir. Bahkan, kendaraan pribadi memadati Dermaga I, II, III, dan IV Pelabuhan Merak.

Kemungkinan puncak arus liburan Natal dan Tahun Baru akan terjadi pada Senin, 24 Desember 2012. "Kami terus mengoptimalkan pelayanan dengan mengerahkan 28 Kapal Roro," Kabag Humas PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Mario Sardadi Oetomo di Merak, Minggu (23/12/2012).

Sambil menunggu antrean kendaraan, mereka melakukan bongkar muat kapal 'roll on roll of' atau 'roro' untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Saat ini, diperkirakan mobil pribadi yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni mencapai 2.698 unit. Padahal pada hari biasa antara 1.500 hingga 1.600 unit.

Kenaikan kendaraan pribadi itu karena mereka ingin merayakan Natal dan Tahun Baru di kampung halaman. Sedangkan, jumlah penumpang pejalan kaki terjadi kenaikan, dari 1.200 orang menjadi 5.406 orang.

Menurutnya, saat ini penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan normal, terlebih cuaca Perairan Selat Sunda relatif baik. Kedatangan dan keberangkatan kapal yang bersandar di Pelabuhan Merak tepat waktu, sehingga tidak terjadi penumpukan penumpang maupun antrean kendaraan.

Kegiatan bongkar muat di Dermaga I hingga IV Pelabuhan Merak, dipercepat dari 60 menit menjadi 30 menit. Percepatan bongkar muat itu guna memperlancar arus kendaraan yang masuk ke dermaga bisa langsung naik ke atas kapal.

"Kita kerja keras agar angkutan Natal dan Tahun Baru berjalan normal," ucapnya. Ratusan kendaraan pribadi antre di Dermaga II Pelabuhan Merak dengan tertib dan secara bergiliran mereka naik ke atas Kapal Roro untuk menyeberang ke Bakauheni, Lampung.

"Kami hanya butuh waktu 25 menit untuk bisa naik ke atas Kapal Roro karena kondisi Pelabuhan Merak lancar," kata Sumedi, seorang pengemudi mobil pribadi yang hendak menuju Palembang.(ANT/Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.