Sukses

KPU DKI: 16 Parpol Lolos Verifikasi Faktual

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta menyatakan sebanyak 16 partai politik lolos verifikasi faktual tingkat provinsi dan kabupaten kota.

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta menyatakan sebanyak 16 partai politik lolos verifikasi faktual tingkat provinsi dan kabupaten kota. Menurut Ketua KPU DKI Jakarta Dahliah Umar, banyak parpol yang tidak memenuhi syarat keterwakilan perempuan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten kota.

Ia menyatakan, hanya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang tidak memenuhi syarat 30 persen keterwakilan perempuan dalam tubuh partai di tingkat provinsi. Sedangkan di tingkat kabupaten kota hampir seluruh partai tidak dapat memenuhinya.

"Tapi semua partai sudah mencapai syarat 75 persen. Jadi, semua partai dinyatakan lolos," ujarnya usai rapat pleno rekapitulasi verifikasi faktual di Jakarta, Sabtu (22/12/2012).

Dahliah menambahkan, pihaknya tidak mempermasalahkan banyak parpol yang belum memenuhi syarat keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen. Menurutnya, biar masyarakat yang akan memberi sanksi sosial kepada parpol.

"Cukup masyarakat tahu kalau parpol tersebut tidak punya 30 persen perempuan didalamnya. Bagi KPUD cukup pengakuan dari parpol saja," kata Dahlia.

Berikut 16 parpol yang lolos verifikasi faktual tingkat provinsi dan kabupaten kota;

1. Partai Amanat Nasional (PAN)
2. Partai Bulan Bintang (PBB)
3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
4. Partai Demokrasi Pembaruan (PDP)
5. Partai Demokrat
6. Partai Gerindra
7. Partai Golkar
8. Partai Hanura
9. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
10. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
11. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
12. Partai Nasdem
13. Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN)
14. Partai Persatuan Nasional (PPN)
15. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
16. Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB).(Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini