Sukses

Korupsi Politik Bakal Meningkat Tahun 2013

Tahun 2013 menjadi tahun mendebarkan bagi partai politik. Sebab seluruh partai politik akan membangun kekuatan demi memenangkan pemilu yang akan digelar 2014.

Tahun 2013 menjadi tahun mendebarkan bagi partai politik. Sebab seluruh partai politik akan membangun kekuatan demi memenangkan pemilihan umum yang akan digelar setahun berikutnya.

"Tahun 2013 ada kampanye politik, ada kecenderungan korupsi politik menjadi meningkat karena dana kampanye di negeri ini tak pernah sedikit," jelas pengamat hukum yang juga Divisi Advokasi Pusat Kajian Antikorupsi Universitas Gadjah Mada (UGM) Oce Madril dalam diskusi bertema 'Wajah Hukum Indonesia' di Cikini, Jakarta, Sabtu (22/12/2012).

Sistem pemilihan langsung yang diterapkan di pilpres dan legislatif, menurut dia, pasti menyedot anggaran besar.

Oce menyarankan, aparat penegak hukum harus lebih waspada terhadap kecenderungan korupsi politik yang semakin liar. Caranya, dengan mengawasi pejabat negara yang memiliki kaitan dengan partai politik.

"Jadi yang harus diawasi itu pejabat negara yang ada kaitannya langsung dengan parpol. Karena kampanye politik akan membutuhkan dana besar," pungkas Oce. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini