Tanggul Jebol, Warga Kampung Makassar Mengungsi di GOR

  • Politik
  • 0
  • 21 Des 2012 17:19

pengungsi-banjir121221c.jpg
Sebanyak 100 warga Kampung Makasar, Jakarta Timur, masih mengungsi di Gedung Olahraga Kampung Makasar. Mereka mengungsi karena rumahnya kembali tergenang banjir.

Bulan ini, kali ketiga mereka mengungsi di GOR. Banjir kali ini disebabkan tanggul di kawasan Cipinang yang jebol.

"Hampir setiap Jumat, udah tiga kali hari Jumat selama Desember. Kemarin jam 9-10 malam ngungsi di GOR. Ada dua RT yang mengungsi, jumlah total warganya 138 jiwa," kata Ketua RT 1 Supriyadi di GOR Kampung Makasar, Jakarta Timur, Jumat (21/12/2012).

Supriyadi mengaku dirinya dan warga tidak mengira bahwa banjir semakin banyak mampir di akhir tahun. Awalnya warga menduga, banjir hanya banyak terjadi di awal tahun 2012.

"Biasanya siklus 5 tahun terjadi banjir di awal tahun," ujar pria yang juga koordinator pengungsi di GOR.

Menurut Supriyadi, sebab banjir ini selain karena luapan Kali Cipinang, juga disebabkan tanggul Cipinang sepanjang 30 meter yang jebol. Tanggul Cipinang yang melintas di kawasan ini jebol pada dini hari tadi. Hampir 700 rumah di lokasi ini terendam air sejak pagi tadi.

"Ada perahu karet. Satpol dan warga yang bantu operasikan perahu karet. Banyak yang nggak bisa ke kantor, yang sekolah untungnya kebetulan ambil rapot," ungkap Supriyadi.

Hingga saat ini bantuan dari dinas sosial, PMI, dan swadaya masyarakat terus berdatangan. (Ism)

Credit: Ism

Terpopuler