Sukses

Roy Suryo: Jangan Lebay Tanggapi Kiamat Maya

Sebagian warga dari berbagai belahan dunia mempercayai tanggal 21 Desember 2012 sebagai kiamat. Karena tanggal itu adalah berakhirnya kalender hitung panjang suku Maya.

Sebagian warga dari berbagai belahan dunia mempercayai tanggal 21 Desember 2012 sebagai kiamat. Karena tanggal itu adalah berakhirnya kalender hitung panjang suku Maya.

Anggota Komisi I DPR, Roy Suryo, meminta masyarakat untuk tidak "lebay" dalam menanggapi ramalan suku maya itu. Nyatanya kiamat seperti yang diduga sebelumnya tidak terjadi pada saat ini.

"Ini yang justru penting, kita justru tidak boleh lebay dalam memandang fenomena-fenomena alam yang terjadi hari-hari ini," kata Roy kepada liputan6.com, Jumat (21/12/2012).

Politisi Partai Demokrat itu pun meminta kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan berita bohong yang dikaitkan akan terjadinya kiamat. "Misalnya dengan menyebarkan hoax bahwa akan ada planet yang menabrak bumi, bentuk awan menyerupai naga, dan sebagainya," ujarnya.

Roy menjelaskan, apa yang menjadi kepercayaan Suku Maya biarlah menjadi hak mereka. "Karena kita juga berhak memiliki keyakinan tertentu tanpa harus memaksakannya ke mereka, ya khan?" tuturnya.

Roy mengakui sejak mendengar akan terjadi kiamat pada hari ini, dia hanya tersenyum saja. Lantaran, tanda-tanda kiamat telah tertera dalam kitab sucinya yang ia percayai hingga saat ini dibuktikan dengan adanya bencana alam yang sangat besar.

"Efek dari kiamat adalah bisa seperti bencana yang sempat tergambar dalam film 2012 dulu itu, mungkin saja. Namun kapan, apalagi tanggal pasti jelas tidak bisa diramalkan oleh manusia karena itu kuasa Allah SWT Sang Pencipta kita," tutupnya. (Mrk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini