Sukses

SBY Protes ke PM Malaysia Soal Tulisan Hina Habibie

Protes itu perlu disampaikan kepada Malaysia karena bangsa Indonesia menghormati seluruh pemimpin dan mantan pemimpinnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melayangkan protes kepada Perdana Menteri Malaysia Najib Razak atas tulisan mantan Menteri Penerangan Malaysia, Zainuddin Maidin yang menghina mantan Presiden BJ Habibie.

"Saya sampaikan langsung saat melakukan pertemuan empat mata dengan Perdana Menteri Najib. Saya sampaikan bahwa hal itu tidak baik bagi hubungan Indonesia dan Malaysia, dan saya sayangkan itu," kata SBY di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (21/12/2012).

Menyikapi hal itu, lanjut SBY, PM Najib menyatakan apa yang disampaikan Zainuddin itu tidak mewakili suara pemerintah dan Partai UMNO. Tulisan itu hanya pernyataan pribadi saja. "Itu pandangan pribadi seseorang menyusul pertemuan Bapak Habibie dengan salah satu tokoh politik di Malaysia," jelas SBY.

Menurut SBY, PM Najib juga menyampaikan pernyataan Zainuddin itu terkait dengan kondisi politik Malaysia menjelang pemilu. "Bagi saya, pemilu atau tidak pemilu tentunya harus saling menjaga apalagi kalau mendiskreditkan kepala negara atau mantan kepala negara negara lain," ujarnya.

SBY menjelaskan, protes itu perlu disampaikan kepada Malaysia karena bangsa Indonesia menghormati seluruh pemimpin dan mantan pemimpinnya. "Dan saya sampaikan hal itu kemarin dan itu berarti penting bagi Indonesia," ujarnya.

Sebelum bertolak ke Malaysia, SBY juga sudah berbicara dengan Habibie mengenai insiden tersebut. "Pak Habibie sepakat beliau tidak perlu bereaksi karena bagi kami, bagi bangsa Indonesia, apa yang disampaikan itu tidak benar," ujarnya. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini