Sukses

Seorang Pelaku Pembunuhan Tiga Brimob Poso Ditangkap

Mabes Polri menangkap seorang tersangka pelaku penembakan yang menewaskan tiga anggota Brimob Sulawesi Tengah.

Mabes Polri menangkap seorang tersangka pelaku penembakan yang menewaskan tiga anggota Brimob Sulawesi Tengah.

"Satu orang ditangkap terkait peristiwa ini, sedang diperiksa. Pelaku diperkirakan 10 sampai 15 orang. Mereka melarikan diri dan merampas satu senjata anggota, jenis SS1," kata Karo Penmas Polri Brigjen Boy Rafli Amar di Jakarta, Kamis (20/12/2012).

Boy menyatakan, kelompok bersenjata yang terlibat baku tembak yang menewaskan tiga anggota Brimob Polda Sulawesi Tengah terkait dengan jaringan teroris Poso.

"Diduga kuat pelakunya kelompok teroris yang selama ini melakukan aksi teror di wilayah Poso dan sekitarnya di bawah pimpinan Santoso," kata Boy.

Menurutnya, kelompok bersenjata tersebut sempat merebut senjata milik anggota Brimob yang tewas sebelum melarikan diri.

Seperti diberitakan, Briptu Ruslan, Briptu Winarto, dan Briptu Wayan Putu Aryawan tewas setelah terlibat baku tembak saat melakukan patroli di sekitar pegunungan Kalora, Desa Kalora, Kecamatan Tambarana Poso Pesisir.

Sementara, dua anggota mengalami luka berat, yakni Briptu Eko Wijaya Suparno, dan Briptu Siswandi Yulianto yang terkena tembakan tembus di leher. Sedangkan Briptu Lungguh Anggara menderita luka ringan.

Kelompok Santoso diduga terkait beberapa aksi teror di Poso. Misalnya, penembakan rumah dinas Kapolsek Poso Pesisir Utara Inspektur Polisi Satu Bastian Taruklabi, Sabtu (17/11/2012). (Yus)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.