Sukses

Media Austria: Duit Soekarno US$ 180 Miliar di Bank Swiss?

Nama Presiden RI, Soekarno disebut-sebut dalam sejumlah pemberitaan di Austria. Disebut punya rekening di bank Swiss.

Nama Presiden RI, Soekarno disebut-sebut dalam sejumlah pemberitaan di Austria. Bung Karno diduga memiliki simpanan dalam jumlah luar biasa besar di rekening bank di Swiss, jumlahnya US$ 180 miliar atau setara Rp 1.744,3 triliun.

Lantas apa kaitannya dengan Austria?

Seperti dimuat situs berbahasa Jerman, www.austria.com, Rabu (19/12/2012), uang itu disebut-sebut akan diinvestasikan di Austria.

Dalam berita berjudul, "Bringt Sukarno-Erbe Milliarden nach Osterreich?, " seorang mediator lokal, Gustav Jobstmann,  mengaku bisa mencairkan dana itu. Dengan syarat bakal diinvestasikan ke Austria.

Ia juga mengklaim sudah menghubungi salah satu pewaris Soekarno, yang disebut bernama Edy Soekanto.

"Dengan kekayaannya Soekanto akan membuat perekonomian negara kita bergerak," kata Jobstmann kepada media Krone.

Seperti dimuat media itu, dengan suntikan dana besar itu diharap bisa membangkitkan maskapai penerbangan yang sedang redup di negara bagian Niederosterreich,  memberi kucuran dana pada Grup Siemens, dan perusahaan listrik ABB.

Liputan6 sudah berusaha menghubungi Dubes RI di Swiss, Djoko Susilo, namun belum ada jawaban. Juga belum ada tanggapan resmi dari keluarga Bung Karno.(Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.