Sukses

Ahok Usul Pemulung Digaji Rp 2 Juta per Bulan

Lalu, bagaimana teknis perekrutan dan penggajian pemulung itu?

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengusulkan agar pemulung mendapat gaji sekitar Rp 2 juta perbulan. Usulan ini dikemukakan karena besarnya dana Kebersihan Kota yang mencapai sekitar Rp 75 miliar.

"Kalau 2.000 pemulung saja dikali Rp 2 juta, baru Rp 4 miliar," kata Ahok sebelum rapat paripurna dengan DPRD DKI di Balaikota, Jakarta, Kamis (20/12/2012).

Ahok mengakui bahwa anggaran untuk Kebersihan Kota yang mencapai Rp 75 miliar itu cukup besar. Dan angka sebesar itu belum dapat menjamin Jakarta menjadi bersih.

"Daripada harus diberikan untuk itu (Kebersihan Kota), lebih baik pemulung yang kita berdayakan," kata mantan Bupati Belitung Timur ini. Kendati begitu, soal gaji untuk pemulung itu masih dalam tataran wacana.

Lalu, bagaimana teknis perekrutan dan penggajian pemulung yang jumlahnya belum terdata jelas di Jakarta ini? "Teknisnya, pemulung yang mau kerjasama dengan kita. Apa yang menurut mereka bisa ambil, ambil saja," kata Ahok. "Kalau ada yang tidak mau itu urusan mereka." (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini