Sukses

VIDEO: Pemusnahan Ladang Ganja di Mandailing Natal

Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, dikenal memiliki ganja dengan kualitas bagus dengan harga jual yang mahal.

Meski polisi saat ini sedang gencar memberantas peredaran narkoba, namun, ternyata ladang-ladang ganja masih begitu mudah ditemukan di sejumlah wilayah di Sumatera. Seperti di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, yang dikenal memiliki ganja dengan kualitas bagus dengan harga jual yang mahal.

Wartawan Feby Grace dan juru kamera Edison Sinarmata, mengikuti perjalanan Badan Narkotika Nasional yang menggelar operasi pemusnahan ladang ganja di Gunung Huta Tua, Mandailing Natal.

Menurut pantauan BNN, kawasan Gunung Huta Tua memang menjadi lahan subur tanaman ganja. Pendakian ke Gunung Huta Tua dimulai pukul 08.00. Pendakian diikuti juga personel Polres Madina.

Setelah berjalan sekitar 6 jam, akhirnya rombongan tiba di sebuah ladang ganja kecil. Diduga ladang ini merupakan bentuk kamuflase untuk menyembunyikan ladang ganja yang lebih besar. Setelah dicabut dari akarnya, ganja-ganja tersebut kemudian dibakar.

Saat mendaki lebih tinggi lagi, dugaan tim BNN akhirnya terbukti. Rombongan menemukan ladang ganja yang cukup luas.

Bisnis narkotika memang menggiurkan. Dari lima batang tanaman ganja bisa dihasilkan satu kilogram daun ganja kering. Ganja-ganja ini biasanya dijual petani kepada penadah dan kemudian dijual lagi kepada pengedar dengan harga lebih mahal.

Ketika lapangan pekerjaan semakin sulit diperoleh, sebagian masyarakat pun memilih jalan pintas. Menanam ganja dianggap lebih cepat menghasilkan, karena bisa dipanen dalam waktu 4 bulan. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.