Sukses

VIDEO: Puting Beliung Terjang Ratusan Rumah

Puluhan warga di Desa Dlimoyo, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung, hingga kini masih memperbaiki genting rumah yang beterbangan.

Belasan rumah di Temanggung, Jawa Tengah, rusak parah akibat diterjang angin puting beliung. Tak hanya merusak rumah, angin puting beliung juga merusak lima hektar kebun jagung dan sengon.

Puluhan warga di Desa Dlimoyo, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung, hingga kini masih memperbaiki genting rumah yang beterbangan diterpa angin puting beliung. Di desa ini, sekitar 19 rumah dilaporkan rusak, 4 rumah di antaranya bahkan rusak berat dan nyaris roboh.

Untuk sementara, empat kepala keluarga yang rumahnya rusak parah, harus mengungsi ke rumah tetangga. Tidak hanya di Desa Dlimoyo, sejumlah rumah di Desa Ngadirejo, juga rusak diterjang angin puting beliung.

Kerugian akibat putig beliung ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Sementara itu di Surabaya, Jawa Timur, hujan deras dan angin puting beliung juga menerjang wilayah ini pada Rabu (19/12/2012). Kencangnya hembusan angin membuat puluhan pohon yang ada di sejumlah jalan protokol di Surabaya tumbang.

Di Jalan Kayun, angin puting beliung menumbangkan sebuah pohon raksasa yang sudah berumur puluhan tahun dan menimpa rumah milik pedagang bunga. Di lokasi yang sama, tiga pohon besar juga tumbang setelah tercerabut dari akarnya.

Akibatnya, tiga rumah rusak parah akibat tertimpa pohon. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini. Meski tidak ada korban jiwa, peristiwa ini sempat membuat listrik padam dan membuat kemacetan panjang di Jalan Kayun, Surabaya. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini