Sukses

VIDEO: Banjir di Kabupaten Bandung Mulai Surut

Beberapa warga pun mulai membersihkan rumahnya dari tumpukan sampah dan lumpur.

Banjir akibat meluapnya Sungai Citarum di Kampung Cieunteung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Namun, di lokasi lain ratusan rumah warga masih terendam dengan ketinggian air mencapai satu meter. Sementara itu, paska banjir di Labuan, Pandeglang, Banten, aktivitas warga belum normal, termasuk sekolah yang masih diliburkan.

Warga Cienteung, Kabupaten Bandung kini sudah mulai lega. Karena genangan air yang merendam rumahnya sudah mulai surut pada Rabu (19/12/2012). Beberapa warga pun mulai membersihkan rumahnya dari tumpukan sampah dan lumpur.

Meski sudah sering menghadapi banjir, beberapa warga mulai cemas jika banjir besar akan terjadi berlangsung lama, mengingat curah hujan belakangan ini yang tinggi. Warga pun belum mendapatkan manfaat dari pengerukan Sungai Citarum, karena kawasan Cieunteung merupakan daerah yang paling rendah dan selalu menerima banjir kiriman dari daerah lain.

Sementara itu, di Pandeglang, Banten, banjir masih belum surut. Aktivitas warga pun masih belum normal. Sejumlah sekolah masih diliburkan, termasuk SMK Al-bayan di Desa Teluk.

Genangan air di depan sekolah masih setingggi lutut. Para siswa yang datang hanya membersihkan ruang belajar dan sejumlah peralatan yang masih basah.

Sedangkan di kawasan pemukiman, warga masih membersihkan rumah dan perabotan yang basah dan rusak akibat diterjang banjir.

Banjir yang melanda kawasan ini bukanlah yang pertama kali. Banjir akibat meluapnya Sungai Cisanggoma dan Cipunten Agung juga terjadi tahun lalu. Ketinggian air bahkan mencapai tiga meter.

Banjir ini merusak belasan rumah. Warga berharap, pemerintah segera mengantisipasi dengan membuat sodetan di aliran Sungai Cipunten Agung dan Cisanggoma, sehingga luapan air tidak langsung masuk ke pemukiman. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini