Sukses

VIDEO: MUI Kaltim Temukan Bakso Babi di 7 Titik

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kaltim memastikan ada tujuh pedagang nakal yang terbukti mengoplos daging celeng (babi) ke dalam bakso yang diproduksinya.

Masalah daging babi yang dioplos dalam bakso ternyata tak hanya ditemukan di Jakarta, tetapi juga ada di  Kalimantan Timur. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kaltim memastikan ada tujuh pedagang nakal yang terbukti mengoplos daging celeng (babi) ke dalam bakso yang diproduksinya.

"Ada tujuh titik, satu di Kukar (Kutai Kartanegara), 6 di wilayah Kota Samarinda," kata Direktur LLPOM MUI Kaltim, Sumarsongko, Rabu (19/12/2012).

Sumar menambahkan pihaknya selalu memberikan pembinaan terhadap para pengusaha yang telah memiliki sertifikat halal ataupun belum. "Tapi kalau sanksi, kita bisa beri kasih sanksi ke pengusaha atau produsen yang sudah bersertifikat halal tapi tidak berkomitmen baik dengan sertifikat halalnya," imbuh dia.
 
Akibat ulah pedagang nakal tersebut, sejumlah pedagang bakso di Balikpapan mengaku telah mengalami penurunan omzet penjualan. "Jualan agak sepi, pendapatan menurun hingga 50 persen," kata Gofar, pedagang bakso itu sedih.

MUI Pusat mengimbau para produsen atau pedagang bakso agar segera melakukan sertifikasi halal untuk menghindari keraguan masyarakat.  Selain itu, MUI juga mendesak penegak hukum untuk segera menindak tegas terhadap pelaku yang melakukan pemalsuan sertifikat halal. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini