Sukses

KPK Usut keterlibatan Anak Pedangdut A Rafiq di Korupsi Quran

KPK menyadap percakapan Fahd A Rafiq dan tersangka korupsi Kemenag Dandy Prasetya.

Anak pedangdut A Rafiq, Fahd El Fouz, telah dinyatakan terbukti menyuap anggota Badan Anggaran Wa Ode Nurhayati. Namun kini Fahd harus menghadapi kasus baru.

Komisi Pemberantasan Korupsi saat ini tengah mengendus keterlibatan Fahd dalam kasus dugaan korupsi pengurusan anggaran pengadaan Al quran dan Laboratorium komputer untuk Madrasah di Kementerian Agama.

Hal itu terungkap, ketika kuasa hukum tersangka korupsi di Kemenag, DendyPrasetya, Erman Umar. Menurutnya, dalam pemeriksaan kliennya dicecar penyidik KPK terkait komunikasinya melalui telepon selular dengan Fahd yang berhasil disadap KPK.

"Iya tadi dikonfirmasi oleh penyidik. Soal pembicaraan dia (Dendy Prasetya) dengan Fahd," kata Erman di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (18/12/2012).

"Tapi Dendy tidak ingat betul. Karena dia kan setelah abis operasi ada yang masih ingat ada yang enggak. Ada satu telepon sms," sambung Erman.

Pada kasus ini, Dendy bersama dengan ayahnya Zulkarnaen Djabar, mantan anggota Komisi VIII DPR RI telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Baik Zulkarnaen maupun Dendy diduga kuat menerima aliran dana sebesar Rp 10 miliar setelah ditengarai mengarahkan anggaran dan mempengaruhi pemenangan rekanan untuk tiga proyek Kemenag.

Diantaranya menyangkut proyek pengadaan laboraturium untuk madrasah tsanawiyah tahun 2011 senilai Rp 31 miliar, pengadaan kitab suci Al quran tahun 2011 Rp 20 miliar dan pengadaan Al Quran tahun 2012. Sejauh ini KPK baru menahan Zulkarnaen Djabar. Politisi Golkar tersebut di tahan Rumah Tahanan (Rutan) KPK yang terletak di Guntur, Jakarta Selatan.

Ditenggarai Fahd terlibat kasus tersebut. Kedekatan Dendy dengan Fahd di Organiasi MKGR disinyalir keduanya 'bermain' proyek. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini