Sukses

Siapa Pria Misterius yang Berdiri di Samping Kim Jong-un

Sesosok pria misterius berdiri di samping pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dalam acara peringatan kematian Kim Jong-il.

Sesosok pria misterius berdiri di samping pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dalam acara peringatan kematian Kim Jong-il, 16 Desember 2012 lalu.

Seperti dimuat Yohhap News, Selasa (18/12/2012), pria yang sama juga terlihat di samping "Pemimpin Agung" itu pada 17 Desember lalu, dalam pembukaan Kumsusan, Istana Matahari, pasca rampung direnovasi di Pyongyang. Bangunan itu adalah mausoleum yang menyimpan jasad Kim  Il Sung dan Kim Jong Il.

Pria itu sebelumnya tak pernah nampak dalam upacara-upacara besar, apalagi berdiri sedekat itu, di sisi kiri Kim Jong-un.

Sejumlah pejabat Korea Selatan, negeri tetangga yang jadi seteru berspekulasi, pria misterius itu adalah sosok yang berperan dalam suksesnya peluncuran roket 12 Desember 2012 lalu. Ia didaulat berdiri di samping Kim Jong-un karena dianggap punya jasa besar.

Peluncuran roket yang disebut Korea Utara sebagai usaha menaruh satelitnya di orbit, sebaliknya dianggap sebagai provokasi oleh masyarakat internasional. Upaya menguji rudal balistik jarak jauh Korut.

Korut beralasan peluncuran roket untuk memenuhi "instruksi terakhir" Kim Jong-il. Putranya, Kim Jong Un juga ingin suksesnya peluncuran bisa mengangkat prestise bangsa.

Sementara, kabar buruk soal satelit Korut datang dari sejumlah ahli di Amerika Serikat. Mereka mengatakan, satelit tersebut tak berfungsi, meski ia tetap akan berada di orbit selama beberapa tahun.(Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini