Sukses

Ada Suara Drumband Tak Berpemain di Yogyakarta

Suara drumband tak bermain berkumandang di langit Kota Yogyakarta. Suaranya hanya bisa terdengar pada sore hari antara pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Citizen6, Yogyakarta: Suara drumband yang sayup-sayup berkumandang di langit Kota Yogyakarta sudah tidak asing lagi bagi warga Yogyakarta. Suaranya yang biasa terdengar pada sore hari antara pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, terkadang bisa berhenti dan berlanjut lagi pada tengah malam atau pagi harinya. Suara drumband ini selalu terdengar dengan irama yang sama. Anehnya, suara ini dapat terdengar di seantero Yogyakarta.

Tapi bagi mereka yang bukan warga Yogya, apabila mendengar suara ini, pasti mereka mengira suara ini adalah suara latihan Korps Marching Band para TNI di Akademi Angkatan Udara yang terletak di Maguwoharjo. Maguwoharjo adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pernahkah ada dari Anda mendengar suara ini? Bila ada, cobalah untuk mengikuti suaranya. Suara ini akan berpindah-pindah arahnya dan Anda tidak akan bisa menemukannya!

Karena apa? Karena suara drumband misterius ini memang tidak ada pemainnya sejak tahun 80-an. Mitos yang beredar konon suara drumband ini adalah suara genderang pasukan Nyi Roro Kidul yang sedang dalam perjalanan menuju Gunung Merapi dari Laut Kidul atau sebaliknya. Ada juga mitos yang mengatakan suara ini adalah suara genderang pasukan pengawal wilayah Ngayogyakarta yang kasat mata sedang berpatroli.

Sedangkan mitos lain menyebutkan ada seorang pendatang yang singgah di Yogyakarta dan kebetulan mendengar suara drumband ini. Setelah mendengar suaranya, pendatang tersebut lalu ingin segera tinggal di Yogyakarta sampai mati dan tidak akan pergi dari Yogyakarta.  

Suara drumband misterius ini melengkapi keunikan Yogyakarta, kota yang kental dengan adat dan budaya serta sarat dengan mitos dan legenda. (Maria Maya Puspita S)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini