Sukses

Ini 5 Hal Heboh yang Dipercaya Jadi Penyebab Kiamat Maya

Tinggal menghitung hari menuju 21 Desember 2012. Isu Kiamat Maya terus menjadi bahan pembicaraan masyarakat di seluruh dunia.

Tinggal menghitung hari menuju 21 Desember 2012. Isu Kiamat Maya terus menjadi bahan pembicaraan masyarakat di seluruh dunia. Meskipun NASA telah mengeluarkan pernyataan tegas tentang ketidakbenaran isu tersebut, masih banyak orang yang mempercayai kiamat akan terjadi pada 21-12-2012.

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan inquisitr.com, 2% penduduk Amerika masih percaya bahwa kiamat akan terjadi pada 21 Desember 2012. Hasil survei secara keseluruhan memang kecil yakni 2%, namun angka tersebut mencakup 6 juta orang. Artinya, 6 juta warga AS percaya Kiamat Maya akan terjadi.

Mereka yang meyakini Kiamat Maya benar terjadi telah mempersiapkan bunker untuk tempat berlindung. Ada juga yang berspekulasi dan menduga-duga hal apa yang nantinya bakal membuat bumi hancur. Berikut ini lima hal yang disebut-sebut akan menjadi penyebab kehancuran bumi:

1. Pancaran Panas Matahari Tingkat Tinggi

Dalam beberapa bulan terakhir, aktivitas matahari semakin 'agresif'. Setiap 11 tahun sekali, sang surya memasuki fase maksimum. Tahun 2012 ini menjadi tahun fase tersebut akan terjadi. Akibatnya badai matahari tengah 'mengintai' bumi. Pada Januari 2012, badai matahari meledak dan menghasilkan ledakan matahari kelas M-9. Ledakan ini menjadi yang terkuat sejak tahun 2005. Ledakan ini diyakini akan terjadi pada 21 Desember nanti, lidah api matahari akan menghantam bumi.

2. Pertukaran Posisi Kutub Utara dan Kutub Selatan

Pernahkah Anda membayangkan Kutub Utara dan Kutub Selatan bertukar posisi? Hal ini yang dipercaya menjadi penyebab kehancuran bumi. Ketika perubahan posisi itu terjadi, maka radiasi kosmik besar akan terjadi hingga membuat bumi hancur. Tanggal 21 Desember 2012 disebut-sebut sebagai waktu fenomena ini akan terjadi.

3. Planet X Hantam Bumi

Beberapa ahli teoritis kiamat menyatakan Kiamat Maya akan terjadi karena Planet X yang diyakini bernama Nibiru akan menghantam bumi. Rumor ini awalnya mencuat pada tahun 1976 ketika ahli sejarah Zecharia Sitchin mengklaim adanya planet Nibiru yang dahulu kala sempat menghilang muncul kembali. Ilmuwan yang mengaku mendapat kode dari teks Sumeria itu menyatakan Nibiru kembali mengorbit dan dipercaya akan menghantam bumi pada 2003. Karena tidak terjadi pada 2003, planet ini diyakini akan menghantam bumi pada 21 Desember 2012. Namun, pihak NASA mengaku belum melihat adanya planet yang mendekat hingga saat ini.

4. Planet-planet Tata Surya Berada di Posisi Sejajar

Ketika planet-planet dalam satu lingkaran galaksi berada dalam posisi sejajar, maka bumi akan hancur. Hal ini menjadi salah satu penyebab yang diisukan akan terjadi pada 21 Desember 2012.

Namun NASA membantahnya. Menurut Badan Antariksa AS ini, kesejajaran planet itu tidak akan berpengaruh terhadap bumi. Buktinya, saat fenomena ini terjadi pada tahun 1962, 1982, dan 2000, bumi tidak mengalami gangguan apapun.

"Tidak akan terjadi kesejajaran planet dalam beberapa dekade ke depan. Apabila terjadi pun, hal itu tidak akan berpengaruh terhadap bumi," demikian yang tertulis dalam laman mitos Kiamat 2012 milik NASA seperti dilansir LiveScience, Selasa (18/12/2012).

5. Cahaya Padam Total di Bumi

Dalam pesan berantai di e-mail, bumi dikabarkan akan mengalami kegelapan total antara 23 Desember dan 25 Desember 2012. Pemadaman cahaya total ini terjadi karena posisi bumi dan matahari yang sejajar. Rumor lain menyebutkan bumi memasuki sabuk cincin Foton yang membuatnya menjadi gelap total. Namun, hal ini lagi-lagi dibantah keras oleh NASA.

"Tidak akan terjadi kesejajaran seperti itu," tegas NASA. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini