Sukses

Tempo: Narasumber Investigasi Hambalang Kredibel

Majalah Tempo menegaskan narasumber dalam kasus Hambalang merupakan sumber terpercaya yang dapat dipertanggungjawabkan. Selain off the record, data juga didapat dari KPK.

Majalah Tempo menegaskan narasumber dalam kasus Hambalang merupakan sumber terpercaya yang dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini menyusul gugatan yang dilayang Rizal Mallarangeng terkait laporan Majalah Tempo yang berjudul Tiga Mallarangeng.

"Investigasi edisi ini didapat dari narasumber yang tingkat kredibilitas dan kepercayaannya bisa dipertanggungjawabkan," kata Redaktur Eksekutif Majalah Tempo, Arif Zulkifli, saat dihubungi Liputan6.com, Senin (17/12/2012). 

Arif menegaskan pihaknya sangat berhati-hati mengambil narasumber dan menuliskan laporan hasil investigasi. Namun, tidak semua narasumber mau diungkap identitasnya, "Ada juga yang off the record (rahasia) tidak mau dipublikasikan namanya. Sumber-sumber itu tahu persis dan berkaitan kasus itu," imbuhnya. 

Selain itu, Arif mengakui sumber investigasi juga didapat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Ya KPK salah satu narasumber tapi bukan berarti satu-satunya informasi dari KPK, masih banyak narasumber yang lainnya," tegasnya. 

Mengenai gugatan Rizal Mallarangeng yang tidak terima wajahnya terpampang di sampul Majalah Tempo berjudul 'Tiga Mallarangeng' ke Dewan Pers, Arif kembali menegaskan Tempo siap menghadapinya.

Mengenai gugatan Rizal yang meminta pemuatan permintaan maaf Tempo satu majalah penuh dan wawancara dua halaman, Tempo akan menunggu proses di Dewan Pers. 

"Itu kan gugatan penggugat ke Dewan Pers yang tentunya pihak terkait akan dipanggil  termasuk Majalah Tempo dan lainnya. Nanti akan ketemu jalan tengahnya," ujar Arif.

Namun, Arif  mengingatkan, Tempo tidak pernah menyepelekan apapun keputusan Dewan Pers bila ada gugatan dalam pemberitaannya. "Kami selalu menghargai Dewan Pers," tegasnya. (Adi)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini