Morowali Utara Dimekarkan Terus Digaungkan

  • Citizen6
  • 0
  • 17 Des 2012 19:12

121217cdemo.jpg
Citizen6, Palu: Perjuangan agar Morowali Utara menjadi kabupaten terus digaungkan. Massa berunjuk rasa di ke gedung pemerintahan, bahkan hingga memblokir jalan.

Massa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Pendukung Pemekaran Kabupaten Morowali Utara (GRP2KMU) menggelar demo di depan kantor DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sulteng), Senin (17/12/2012). Mereka memprotes penundaan pemekaran Morowali Utara menjadi kabupaten.

Aksi serupa terjadi di Tompira, Konolodale. Massa memblokade jalan menuju arah Kota Morowali. Aparat keamanan bersiaga menjaga massa yang berunjuk rasa agar tidak melakukan tindakan anarkis karena luapan kekecewaan akibat tidak dimekarkannya Morowali Utara menjadi kabupaten.

Sebelumnya pemerintah pusat melalui DPR RI telah menyetujui pengesahan RUU tentang Daerah Otonomi Baru (DOB). Dari 14 RUU DOB baru yang diusulkan dewan, hanya 12 daerah yang telah dibentuk pada 2012. Dari 12 daerah tersebut terdapat Banggai Laut dan Morowali Utara yang akan dimekarkan. Namun kenyataannya, hanya Banggai Laut-lah yang baru dimekarkan.

Itu sebabnya massa GRP2KMU menuntut Gubernur Longky Djanggola dan Ketua DPRD Propinsi Sulawesi Tenggara Aminudin Ponulele untuk mendukung dan mendesak DPR RI agar Morowali Utara segera dimekarkan.

Kepada Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Pol Ngadino, demonstran menginginkan untuk segera dilakukan penangkapan dan pemeriksaan terhadap Sekretaris Kabupaten Sahrir Ishak yang menurut mereka menjadi penyebab Morowali Utara tidak juga masuk dalam daftar DOB. (Andri Gultom)

Terpopuler