Sukses

Cihuy! Napi Bebas Akan Dapat Pekerjaan

Dirjen Pemasyarakatan sedang menyusun Surat Keputusan Bersama 3 Menteri, terkait penawaran pekerjaan bagi narapidana.

Narapidana yang mempunyai keterampilan mendapat perhatian Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sihabuddin. Ia mengatakan, pihaknya sedang menyusun Surat Keputusan Bersama 3 Menteri, yaitu Menteri Hukum dan HAM, Menteri Sosial, serta Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi terkait penawaran pekerjaan bagi narapidana.

"Nanti menjelang bebas, mereka (napi) dilatih. Selanjutnya setelah bebas mereka akan ditawari oleh Depsos untuk masuk ke bidang pekerjaan yang sesuai dengan mereka," ucap Sihabuddin usai acara pembukaan Napi Craft 2012 di Mega Kuningan, Jakarta, Senin (17/12/2012).

Bagi narapidana yang memiliki keahlian khusus, kata Sihabuddin, akan diberikan modal. Mereka juga akan dilatih Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

"Menjelang bebas kita daftarkan ke Mensos, nanti mereka bisa kongsi dengan teman-teman untuk mendirikan sebuah usaha. Insya Allah 2013 akan terealisasi," jelas Sihabuddin.

Perihal modal yang akan diberikan, Sihabuddin menyatakan besarnya tergantung proposal yang diajukan.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini