Sukses

VIDEO: Pedasnya Nasi Tempong, Mulut Berasa Ditempong

Jika Anda penyuka masakan pedas, menu makanan khas Banyuwangi, Jawa Timur ini patut Anda coba.

Jika Anda penyuka masakan pedas, menu makanan khas Banyuwangi, Jawa Timur ini patut Anda coba. Nasi tempong namanya. Saking pedasnya usai menyantap nasi tempong, mulut kita seperti ditempong atau ditampar.

Seperti apa rasa kuliner super pedas yang sudah dipatenkan menjadi makanan khas warga using ini? Berikut kisahnya.

Setiap hari warung nasi tempong Mbok Wah di Kelurahan Bakungan, Banyuwangi ini selalu ramai. Apalagi disaat jam istirahat kantor, sejumlah pegawai negeri memanfaatkan waktu istirahat untuk menikmati makanan super pedas ini.

Selain itu, warga sekitar maupun luar daerah juga banyak yang datang untuk menikmati nasi tempong. Yang paling spesial dari nasi tempong adalah sambalnya yang diramu secara khusus.

Agar rasa sambal lebih gurih, penjual nasi tempong selalu menggunakan ranti atau sejenis tomat yang bentuknya bergelombang dan jarang ditemui di daerah lain. 

Selain itu, terasinya juga bukan sembarang terasi. Terasi yang digunakan adalah terasi khusus. Tak lupa, sambal disajikan dengan nasi yang masih panas dan lalapan sayuran.

Harga nasi tempong per porsi relatif murah. Tanpa pakai lauk harganya hanya Rp 5 ribu. Namun jika menggunakan lauk harganya sampai Rp 10 ribu. Tidak sulit untuk bisa menikmati sajian makanan khas ini. Sebab, penjual nasi tempong banyak dijumpai di setiap sudut kota maupun di berbagai tempat. (Riz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.