Sukses

VIDEO: Serunya Lomba Durian di Jepara

Lomba durian digelar di Jepara, Jawa Tengah

Anda pecinta durian? Pasti pernah mencicipi kelezatan Durian asal Jepara. Nah, promosi Durian Jepara pun terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Salah satunya dengan menggelar lomba durian. Dalam lomba ini, tak hanya petani yang ditantang menunjukan durian terbaiknya, tetapi pengunjung pun diadu kecepatannya untuk makan durian.

Kriteria yang digunakan dalam lomba durian ini adalah aspek penampilan luar, penampilan dalam dan cita rasa. Penampilan luar yang ideal adalah bentuk durian bulat telor, warna kulit hijau, dan bentuk duri kerucut dan mudah dibelah. Sedangkan kriteria penilaian bagian dalam adalah ketebalan kulit, jumlahjuring yang banyak, warna daging buah dan ketebalan daging. Adapun cita rasa durian yang dilombakan adalah manis, harum, tidak berserat dan tidak banyak mengandung air.

Lomba tersebut mengundang minat banyak petani durian, karena bila seseorang menang dalam lomba ini, berarti pada masa panen berikutnya durennya akan diserbu pembeli.

Selain lomba durian terbaik, ada juga lomba makan durian tercepat. Tidak hanya itu, meski tidak sepopuler lomba durian, lomba buah-buahan lain, seperti pisang, belimbing dan kelapa muda.

Dengan diadakannya perlombaan ini, produk buah-buahan dan pertanian Kabupaten Jepara diharapkan semakin dikenal tidak hanya di lingkup nasional saja, tetapi juga level internasional. (Riz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini