Sukses

Hatta Rajasa Dapat Medali Diplomatik Tertinggi dari Korsel

Korea selatan merupakan mitra dagang dan industri yang utama bagi Indonesia.


Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rahajasa menerima penganugerahan tanda kehormatan jasa diplomasi dari Pemerintah Korea Selatan, Gwanghwa Medal. Ini merupakan medali tertinggi di bidang diplomatik.

Penghargaan ini diberikan pada Jumat malam di Hotel Grand Hyat Jakarta. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Dubes Korea Selatan untuk Indonesia yaitu Kim Young-Sun.

Penghargaan ini merupakan bentuk penghargaan yang menunjukkan antar Indonesia dan Korea Selatan yang telah bekerjasama dalam berbagai bidang yaitu antara lain di bidang perdagangan, invesatasi, infrastruktur, energi, pertanian, kehutanan, perikanan, industri pertahanan, dan lingkungan hidup.

Korea selatan merupakan mitra dagang dan industri yang utama bagi Indonesia, hal ini dapat ditunjukkan antara lain dengan adanya peningkatan neraca perdagangan antara Indonesia dan Korea.

Pada 2011, total neraca perdagangan RI-Korea mencapai US$ 29,38 Miliar atau meningkat 44,9 persen dibandingkan periode yang sama pada sebelumnya yang mencapai US$ 20,27 miliar. Sementara itu total perdagangan selama lima tahun terakhir antara kedua negara tersebut bergerak kearah yang positif sebesar 25,11 persen.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih khusus kepada Kedubes besar yang membuat saya jadi agak sedikit tersanjung. Namun menjadi beban pula karena saya harus lebih bekerja keras untuk membuat hubungan kedua negara menjadi jauh lebih baik lagi," kata Hatta.

Pada dua tahun terakhir hubungan bilateral Indonesia dan Korea terbilang cukup meningkat, pasalanya kedua negara tersebut telah menandatangani kerja sama dalam bidang perdangan dan investasi. Seperti dukungan Korea untuk mendukung pelaksanaa program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Pemerintah Korea Selatan siap untuk membantu pembangunan di Indonesia melalui program MP3I dan akan ikut berpartisipasi". Tambah Hatta

Sementara itu Korea Selatan telah menanamkan modalnya atau berinvestasi di Indonesia sebesar US$ 1,2 Miliar pada tahun 2011, meningkat empat kali lipat bila dibandingkan tahun 2010 dengan nilai investasi sebesar US$ 328,5 juta. (Ism)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini