PPDI: Perangkat Desa Hanya Digaji Rp 100 Ribu

  • Peristiwa
  • 0
  • 14 Des 2012 18:09

pdip-demo-1-121214b.jpg
Demonstrasi ribuan perangkat desa pagi tadi bisa saja dimaklumi. Ternyata para perangkat desa itu selama ini hanya digaji Rp 100 ribu per bulan. Bahkan gaji mereka ada yang dibayarkan setiap 3 bulan sekali. Bagaimana mereka dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan penghasilan yang sangat minim.

Wakil Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Sudiro Santoso menemui Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso untuk menyampaikan keluhan. "Itulah alasan kami menginginkan perangkat desa diangkat menjadi PNS," kata Sudiro di Gedung DPR, jakarta, Jumat (14/12/2012).

Selain itu juga Sudiro mengeluhkan soal pembangunan desa yang tidak memberikan kesempatan bagi warga desa, untuk turut dalam pembangunan desa yang justru pembangunan desa diberikan kepada pihak lain.

Ribuan perangkat desa berunjuk rasa menuntut agar RUU Perangkat Desa segera disahkan. Sehingga nantinya mereka bisa menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Tadi siang, massa bertindak anarkis dengan menjebol pagar DPR. Kemudian massa merangsek masuk ke halaman DPR dengan penjagaan aparat gabungan keamanan yang berjumlah sekitar 10 ribu terus bersiaga.

Massa sempat bentrok dengan petugas keamanan setelah memblokade kembali jalan tol depan Gedung DPR mengarah ke Slipi pada sore hari. Bentrokan pecah setelah ribuan orang pedemo diusir dari halaman Gedung DPR oleh petugas. Seiring derasnya guyuran hujan di depan Gedung DPR/MPR, satu per satu massa dari PPDI dan Aliansi Desa Indonesia membubarkan diri.(Frd) 
Terpopuler