Sukses

Menpan: PNS Dilarang Nikah Siri

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara angkat bicara soal isu pernikahan singkat Bupati Garut Aceng HM Fikri. PNS menurutnya tidak boleh nikah siri dan tidak boleh kawin lagi tanpa seizin atasan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar angkat bicara soal isu pernikahan singkat Bupati Garut Aceng HM Fikri. Ia menilai Langkah Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi yang mendesak Bupati Garut tersebut mundur dari jabatannya sudah tepat.

"Itu masuk akal, buat pembelajaran," katanya kepada wartawan dalam Seminar Nasional Grand Design Pensiun di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Azwar menjelaskan bupati  merupakan pemimpin daerah dan harus memberi contoh yang baik untuk bawahannya termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di daerah itu.

"PNS itu tidak boleh nikah siri, PNS tidak boleh kawin lagi tanpa seizin atasan. Kepala daerah itu kan pimpinan PNS. Jika yang dibina harus punya kriteria seperti itu, yang membina minimal harus sama," ungkapnya.

Larangan nikah siri dan kawin lagi, menurut Azwar merupakan sesuai dengan aturan agama dan pemerintah.

"Apalagi PNS jadi istri kedua itu langsung dipecat. Korupsi, jadi calon PNS, Narkoba, juga tidak masuk selama 45 hari hari itu langsung kena," ungkap dia.

Sanksi yang diberikan berbeda-beda mulai dari sanksi ringan hingga dengan pemberhentian tidak hormat. Saat ini terdapat 200 kasus pelanggaran yang ditangani Kementerian tersebut.

"Ada yang turun pangkat sedikit, ada yang diberhentikan sementara pangkatnya, diberhentikan tidak hormat," tuturnya. (NDW/IGW)

Baca juga
1. Jokowi Tolak Joget Gangnam
2. Armand Maulana Hobi ke Hotel "Jam-jaman"
3. Wawancara Khusus Eks Menteri Malaysia Penghina BJ Habibie
4. Hartati Tertunduk Lesu Saat Rekaman Sadapan Diputar
5. 2012, Jokowi Orang Yang Paling Banyak Diburu di Google

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini